GAYA HIDUP SEHAT

Apakah Anda Sudah Cukup Tidur Namun Masih Mengantuk?

Setiap orang perlu tidur, namun tidak semua orang membutuhkan waktu yang sama untuk beristirahat. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 sampai 8 jam dalam sehari. Namun, ada sebagian orang yang masih saja bangun kesiangan atau tidur berlebihan walaupun sudah tidur selama 8 jam. Jika Anda sering mengalami tidur berlebihan seperti itu, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin bisa menjelaskan kondisi Anda:

Hipersomnia

Hipersomnia adalah kelainan tidur yang ditandai rasa kantuk yang berlebihan. Sehingga seseorang sering kali membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih lama dari orang normal. Bahkan yang lebih ekstrim lagi, walaupun penderita hipersomnia sudah tidur lebih dari 12 jam semalam, dia masih tetap perlu tidur di siang harinya.
Hipersomnia dibagi menjadi dua jenis, yaitu hipersomnia primer dan sekunder. Hipersomnia sekunder, merupakan jenis hipersomnia yang paling umum. Hipersomnia jenis ini dapat disebabkan karena depresi, obesitas, epilepsi, atau sklerosis multipel (ganda). Sedangkan hipersomnia primer, penyebabnya dapat dikaitkan dengan gangguan genetik seperti myotonic dystrophy, sindrom Prader-Willi dan penyakit Norrie.

Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan tidur yang gejala awalnya ditandai dengan rasa kantuk yang tidak tertahankan di siang hari, lalu pada umumnya berlanjut dengan serangan tidur atau tidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat.
Perbedaan dengan hipersomnia adalah pada narkolepsi, penderitanya dapat tidur secara tiba-tiba, kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun.
Narkolepsi disebabkan oleh rendahnya produksi hormon yang bertugas meregulasi tidur, yaitu hipokretin atau oreksin, akibat gangguan autoimun atau akibat penyakit dan cedera yang merusak bagian otak yang berhubungan dengan produksi hormon tersebut.

Obstructive Sleep Apnea

Obstructive sleep apnea adalah kondisi dimana seseorang yang tidak mendapatkan udara yang cukup saat sedang tidur atau terhentinya napas untuk beberapa saat selama tidur. Hal ini terjadi karena saluran napas bagian atas tertutup sementara upaya bernapas tetap berlanjut.
Obstruktif sleep apnea menyebabkan penderitanya secara berkala terbangun saat malam hari sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sebagai akibatnya, muncul rasa kantuk yang berlebihan pada saat siang hari. Hal inilah yang menyebabkan mereka selalu bangun kesiangan meskipun sudah tidur selama 7 sampai 8 jam.

Alkohol

Orang yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur cenderung akan tidur lebih lama dari mereka yang tidur pada jam normal. Hal ini terjadi karena alkohol mempengaruhi siklus tidur dan menciptakan keinginan untuk tidur dalam waktu yang cukup lama. Bahkan bisa berdampak pada kualitas tidur yang buruk dan juga insomnia. Alkohol bisa membuat Anda terbangun sepanjang malam dan tidur di saat siang.

Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan Anda menjadi sering mengantuk. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengantuk, cobalah memeriksakan kadar kolesterol Anda di laboratorium, jangan-jangan kolesterol tinggi lah penyebabnya.

Artikel Lainnya

Apakah Anda sering bersin?

Apakah Anda sering mengalami hidung berair atau bersin-bersin di pagi hari, atau pada saat cuaca sedang dingin? Atau gejala tersebut sering muncul ketika Anda sedang berada pada tempat-tempat tertentu, misal pada ruangan yang banyak debunya, atau ketika Anda sedang berada di taman bunga. Jika ya, berarti Anda mengalami rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah peradangan pada rongga hidung yang terjadi akibat reaksi alergi. Gejala rhinitis alergi timbul setelah seseorang terpapar oleh...

Selengkapnya

Orang Tua Anda diabetes? Luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini

Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes melitus tidak selalu berarti Anda pasti akan terkena diabetes juga. Jika orangtua Anda menderita diabetes, Anda harus selalu menjaga pola hidup sehat. Yang paling penting adalah mengatur pola makan dan menjaga berat badan ideal. Kegemukan merupakan faktor resiko penyakit diabetes, dengan memiliki berat badan yang ideal, akan memperkecil kemungkinan Anda terkena diabetes. Selain itu, berat badan ideal akan membuat penampilan Anda tampak...

Selengkapnya

Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan

Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Ada batuk yang dapat sembuh dalam waktu singkat, namun ada juga batuk yang berlangsung terus-menerus dan tak kunjung sembuh dengan obat batuk biasa. Ada beberapa penyebab terjadinya batuk terus-menerus: Alergi Orang yang alergi dengan zat tertentu akan mengalami batuk setiap kali terpapar oleh pencetus tersebut. Asma Sama dengan alergi, penderita asma biasanya mengalami batuk disertai sesak napas setelah...

Selengkapnya