SEHAT NIKMAT

Menu Makanan Seimbang

Menu makanan adalah susunan makanan yang dimakan oleh seseorang untuk sekali makan atau untuk sehari. Menu makan seimbang adalah menu yang terdiri dari beranekaragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai, sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.

Tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi secara lengkap. Untuk bisa hidup sehat dan produktif, kita harus mengonsumsi beranekaragam makanan sehingga beranekaragam makanan itu bisa saling melengkapi & menjadi zat gizi secara lengkap.

Makanan merupakan salah satu faktor penentu kesehatan kita. Semakin bergizi makanan yang kita makan, semakin rendah resiko kita terkena suatu penyakit.

Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengkonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu:

  1. Satu jenis atau lebih makanan pokok sumber karbohidrat misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
  2. Satu jenis atau lebih makanan lauk pauk sebagai sumber protein misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
  3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok jenis sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.
  4. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya.

Kesalahan menu makanan yang sering terjadi di masyarakat adalah kurang beragamnya makanan yang dimakan. Banyak terjadi orang makan nasi dengan lauk mie atau kentang. Padahal nasi, mie, dan kentang adalah sama-sama sumber karbohidrat. Jika pola menu makanan yang salah ini berlanjut terus-menerus, dalam jangka panjang dapat berakibat terjadinya hipertrigiseridemia (kadar trigliserida darah yang meningkat) dan diabetes mellitus tipe 2.

Maka dari itu, mari kita biasakan konsumsi makanan dengan menu yang beragam supaya kita dapat memiliki hidup yang sehat dan produktif.

Artikel Lainnya

MENYIAPKAN MAKANAN SEHAT DAN ALAMI

Berikut ini adalah 5 tips penyiapan makanan yang sehat dan aman 1. Jaga Kebersihan Tidak semua bakteri menyebabkan penyakit, namun bakteri berbahaya banyak ditemukan di tanah, air, hewan dan manusia. Bakteri bisa terbawa oleh tangan, kain pembersih serta peralatan dapur khususnya papan pemotong makanan yang secara tidak sengaja akan mencemarkan makanan. Untuk itu dianjurtkan : Cuci tangan dengan air bersih sebelum dan sesudah menyiapkan makanan Cuci tangan dengan air...

Selengkapnya

MANFAAT MAKANAN PEDAS

Punya hobi menyantap makanan pedas ternyata ada gunanya. Rasa pedas tidak selalu dihasilkan dari cabai, tapi bisa juga didapatkan dari merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lain. Makanan pedas dapat membantu menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa menyantap makanan yang pedas dapat meningkatkan metabolism tubuh. Senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik (peningkatan pengeluaran energi yang dapat membakar kalori bahkan tanpa adanya...

Selengkapnya

SEHAT SELAMA LIBURAN

Saat pergi berlibur bersama keluarga, seringkali kita tergoda untuk mencoba berbagai masakan khas di daerah tempat kita berlibur. Saking serunya menikmati segala masakan tersebut, tanpa disadari saat liburan usai tekanan darah dan kolesterol akan naik, begitu pula dengan ukuran ikat pinggang. Nah, berikut ada beberapa trik untuk menjaga pola hidup sehat selama pergi berlibur: Minum lebih banyak air Menurut Charles Stuart Platkin, MPH, pendiri dari dietdetective.com, rasa haus ini sering...

Selengkapnya