SEJARAH

TENTANG KONIMEX


Di antara warna-warni budaya kota Solo, berdirilah sebuah perusahaan farmasi yang mengawali usahanya dalam kesederhanaan, namun mengemban cita-cita yang besar. Nama perusahaan itu adalah PT Konimex, kependekan dari Kondang Impor Ekspor yang didirikan pada tanggal 8 Juni 1967 oleh Djoenaedi Joesoef, atau biasa dipanggil Pak Djoen. Berbekal pengalaman bekerja di toko obat keluarganya dan dengan keyakinan bahwa kebahagiaan dimulai dari hidup sehat, beliau merintis usahanya dengan keinginan untuk menyehatkan semua keluarga di Indonesia. Hingga kini, Konimex terus berkarya dan berinovasi dengan berpegang teguh pada falsafah 3MU, yaitu Mutu, Mudah, dan Murah, agar semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sehat dan hidup bahagia.

Untuk memastikan produk-produknya mudah diperoleh masyarakat di mana saja, Konimex mendirikan PT Sinar Intermark dan PT Marga Nusantara Jaya sebagai distributor resminya. Seiring berjalannya waktu, kedua perusahaan tersebut dilebur menjadi PT Marga Nusantara Jaya yang memiliki tanggung jawab dalam memasarkan produk Konimex dengan merata dari tingkat grosir, pasar tradisional, pengecer, toko obat, apotek, hingga semua jenis pasar swalayan di semua kota di Indonesia. Seiring perkembangan produk dan target pasar dari tahun ke tahun, perusahaan distributor tersebut semakin memperluas jaringannya. Dari 33 cabang pada tahun 1992, bertumbuh menjadi 56 cabang pada tahun 2017, serta didukung armada kendaraan dan ribuan staff yang merentang dari Banda Aceh hingga Jayapura. Setelah seluruh pelosok Indonesia terlayani, Konimex semakin melebarkan sayapnya dengan melakukan penetrasi ke pasar internasional, seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan bahkan ke kawasan Timur Tengah, yaitu Saudi Arabia.

Konimex selalu yakin dan siap menjawab tantangan pasar dengan dukungan tim manajemen yang tangguh dan berdedikasi. Selain itu, Konimex juga tetap berpegang teguh pada falsafah 3MU, budaya kerja ESI yaitu Excellence (memberikan yang terbaik), Synergy (menghargai perbedaan dan menyatukan kekuatan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik), dan Integrity (satunya kata dengan perbuatan), serta dengan dukungan segenap stakeholder. Meskipun persaingan semakin ketat, serta selalu berubahnya kebutuhan dan perilaku konsumen dalam mengikuti perkembangan zaman, Konimex dengan statusnya sebagai perusahaan swasta nasional yang independen terus bertumbuh dengan stabil. Ekspansi usaha pun tetap fokus dilakukan dalam core business Konimex, yaitu produk-produk farmasi, consumer goods, dan produk ekstrak bahan  alami.

KEBERSAMAAN


Sejalan dengan usaha Konimex dalam menyehatkan semua orang agar hidup bahagia, tentu diperlukan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Menyadari sepenuhnya hal ini, Konimex terus membangun dan membina relasi yang baik dengan para stakeholders, yang terdiri dari pemasok, lembaga keuangan, para konsultan, para ahli, ilmuwan, universitas, distributor, hingga mitra bisnis dan pihak pemerintah.

Konimex menjunjung tinggi etika bisnis dalam menjalankan usaha dan menjalin kemitraan dengan para stakeholder. Selain kejujuran, keuletan, keterbukaan, tepat waktu, serta tepat janji, nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan juga diterapkan oleh segenap karyawan dan jajaran direksi Konimex. Sikap inilah yang menjaga kelanggengan setiap kemitraan yang terjalin hingga kini.

Kerjasama dankebersamaan Konimex dengan para stakeholders yang terjalin dengan baik memberikan hasil yang baik pula, seperti yang dapat dilihat dari serangkaian tonggak capaian Konimex. Semua keberhasilan yang diraih ini milik Konimex dan juga segenap stakeholder-nya.

 

TONGGAK CAPAIAN





PT Konimex didirikan, berfokus pada usaha perdagangan bahan kimia, alat laboratorium, dan alat kedokteran.

Menjadi pelopor produsen obat kemasan praktis catch-cover isi 4 tablet.

Memulai diversifikasi usaha ke industri kembang gula dengan mendirikan NIMM’s dan PT Sinar Intermark sebagai distributor untuk memastikan ketersediaan produk di seluruh Indonesia.

Konimex mulai memproduksi obat dalam bentuk sirup.

Mendirikan pabrik baru di Sanggrahan, Sukoharjo sebagai pusat produksi demi menjamin standar kualitas yang sama.

Mendirikan distributor kedua, PT Marga Nusantara Jaya.

Mulai berinovasi dengan produk berbentuk effervescent yang modern dan praktis.

Inovasi selanjutnya dengan mengembangkan produk berbentuk krim atau salep.

Mengembangkan produk berbahan herbal tradisional demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Memasuki pasar makanan ringan dengan mendirikan pabrik biskuit Sobisco.

Memelopori pembuatan obat tetes mata sekali pakai yang praktis dan terjamin higienis.

Meluncurkan produk multivitamin dan suplemen makanan.

Mulai berekspansi ke produk ekstrak bahan alami untuk penjualan bisnis ke bisnis dan menyuplai produksi internal.

50 tahun sudah Konimex membuktikan komitmennya untuk ikut menyehatkan bangsa dan akan tetap terus tumbuh dan sehat bersama masyarakat Indonesia.

 

PRODUK DAN INOVASI


Dengan semangat ingin memberikan yang terbaik, Konimex selalu mengupayakan agar setiap produknya mampu memenuhi kebutuhan para konsumennya. Untuk itu Konimex melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, serta terus memperkuat riset pengembangan produk baru yang masih dalam core business-nya, yaitu produk-produk farmasi, consumer goods, dan produk esktrak bahan alami, agar dapat mengimbangi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Hal inilah yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di setiap produk yang dihasilkannya, mulai dari kemasan yang lebih ekonomis, penggunaan bahan yang lebih baik, hingga teknologi proses produksi yang lebih modern.

  • Farmasi
    Sebagai salah satu fondasi bisnis yang utama, produk-produk farmasi Konimex sudah dikenal sebagai pendobrak pasar sejak dulu dengan keunikan dan inovasinya.
    • Konimex memelopori obat dengan kemasan catch-cover isi 4 tablet, yaitu Inza, Inzana, Paramex, Konidin, dan Neo Napacin. Hal ini menjawab permintaan masyarakat akan obat dijual bebas atau Over The Counter (OTC) yang dapat dibeli sesuai kebutuhan. Hal ini mendapat sambutan positif dari masyarakat karena Konimex menghadirkan produk dengan harga terjangkau dalam jumlah yang sesuai atau “small money can buy”.
    • Memahami kebutuhan konsumen, Konimex menjadi pelopor yang memproduksi obat sirup pertama yang bebas gula dan bebas alkohol, seperti Anakonidin, Termorex, dan Siladex. Produk-produk tersebut dibuat dengan air yang dimurnikan bahkan sebelum pemurnian air menjadi syarat dalam industri farmasi.
    • Konimex juga menghadirkan produk unik bagi konsumennya dengan memperkenalkan obat tetes mata Braito kemasan sekali pakai yang praktis, higienis, dan juga merupakan yang pertama di Indonesia.
  • Vitamin dan Suplemen Makanan
    Menyehatkan bangsa tidak hanya berarti mengobati, tetapi juga mencegah penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk itu, Konimex mengembangkan usahanya dengan masuk ke pasar vitamin dan suplemen makanan.
    • Konimex merupakan perusahaan farmasi nasional pertama yang memproduksi tablet larut air atau effervescent untuk produk Protecal, serta menjadi yang pertama di Indonesia memperkenalkan kemasan effervescent satuan strip.
    • Rangkaian produk multivitamin Renovit mengandung vitamin dan mineral dalam dosis yang sesuai kebutuhan asupan harian.
    • Konilife adalah rangkaian produk suplemen makanan berbahan alami, hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen akan asupan suplemen terkait gaya hidup yang semakin dinamis di zaman modern ini.
    • Ever E250 menghadirkan vitamin E dengan dosis sekali minum yang baik untuk menjaga kulit di iklim tropis dan menjadi satu- satunya suplemen vitamin E di Indonesia yang hadir dalam kemasan kapsul lunak rumput laut atau Vegicaps yang halal.
  • Kembang Gula
    Konimex resmi memasuki industri kembang gula atau confectionery pada tahun 1980 sebagai pengembangan usahanya yang pertama, dengan membangun divisi NIMM’s. Selain berbagai produk bermutu yang memiliki keunikan tersendiri, Konimex menjadi perusahaan yang gencar menggunakan iklan TV dalam mempromosikan produk kembang gulanya. Produk-produk dan komunikasi selanjutnya pun terus mengusung keunikan yang serupa.
    • Sebagai permen rasa ‘rame’ manis asam asin pertama di Indonesia yang hadir dalam kemasan sachet isi 5 dan dipasarkan dengan jingle iklan yang menarik, Nano Nano menjadi salah satu produk Konimex yang paling mudah dikenali dan diingat. Bahkan hingga kini Nano Nano menjadi istilah untuk segala sesuatu yang mempunyai rasa rame. Nano Nano kini telah berkembang menjadi kelompok produk permen unik yang menyasar berbagai segmen pasar, seperti Nano Nano Nougat - permen susu campuran kacang dengan berbagai rasa, Nano Nano Milky - permen susu berbentuk sapi lucu yang sehat untuk anak-anak, Nano Nano Chewy -permen lunak rasa buah-buahan yang digemari masyarakat.
    • Hexos juga merupakan produk pertama yang hadir dalam kemasan sachet isi 5 yang praktis dari Konimex. Hingga kini Hexos terus dikenal karena keunikannya sebagai permen pelega tenggorokan dan iklan TV nya yang selalu menghibur.
    • Frozz dihadirkan Konimex sebagai permen dengan sensasi dingin menyegarkan dalam berbagai macam rasa, serta menjadi pelopor permen bebas gula. Frozz pun hadir dalam kemasan pot yang unik dan mudah dibawa.
  • Produk Alami
    Sebagai salah satu fondasi bisnis yang utama, produk-produk farmasi Konimex sudah dikenal sebagai pendobrak pasar sejak dulu dengan keunikan dan inovasinya.
    • Konimex memelopori obat dengan kemasan catch-cover isi 4 tablet, yaitu Inza, Inzana, Paramex, Konidin, dan Neo Napacin. Hal ini menjawab permintaan masyarakat akan obat dijual bebas atau Over The Counter (OTC) yang dapat dibeli sesuai kebutuhan. Hal ini mendapat sambutan positif dari masyarakat karena Konimex menghadirkan produk dengan harga terjangkau dalam jumlah yang sesuai atau “small money can buy”.
    • Memahami kebutuhan konsumen, Konimex menjadi pelopor yang memproduksi obat sirup pertama yang bebas gula dan bebas alkohol, seperti Anakonidin, Termorex, dan Siladex. Produk-produk tersebut dibuat dengan air yang dimurnikan bahkan sebelum pemurnian air menjadi syarat dalam industri farmasi.
    • Konimex juga menghadirkan produk unik bagi konsumennya dengan memperkenalkan obat tetes mata Braito kemasan sekali pakai yang praktis, higienis, dan juga merupakan yang pertama di Indonesia.
  • Makanan Ringan
    Melihat perkembangan positif divisi kembang gula (confectionery), Konimex kembali memperluas usahanya ke industri makanan ringan dengan mendirikan pabrik Sobisco pada tahun 1994 yang menghasilkan makanan ringan yang sehat dan berkualitas.
    • Tini Wini Biti menjadi pelopor biskuit berbentuk binatang lucu di Indonesia. Hingga kini, Tini Wini Biti terus menginspirasi anak-anak Indonesia dengan bentuknya yang unik dengan berbagai rasa yang digemari anak-anak masa kini.
    • Snips Snaps dihadirkan sebagai biskuit kualitas premium untuk keluarga dalam sediaan   crackers, dan wafer dengan berbagai macam rasa.
    • Chocomania Cookies dan Chocomania Wafer yang memiliki rasa coklat khas yang nikmat, tersedia dalam berbagai pilihan rasa.
    • Menjawab permintaan pasar akan makanan sehat, Sobisco menghadirkan rangkaian produk makanan sehat dengan brand Diasweet. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemanis bebas gula dan rendah kalori, Konimex menghadirkan Diasweet Sweetener untuk pemakaian sehari-  hari. Diasweet Sweetener dikembangkan dengan varian Sukralosa yang dapat digunakan untuk keperluan memasak dan Stevia yang berbahan baku alami daun stevia. Biskuit dan makanan ringan yang sehat Diasweet Litebite dihadirkan dalam berbagai sediaan seperti wafer, cookies, dan baked snack yang bebas gula, bebas kolesterol, tinggi serat dan dengan cita rasa yang lezat. Untuk kategori minuman sehat, Konimex menghadirkan Diasweet Litesip yang bebas gula dan tinggi serat, hadir dalam varian susu serta jus aneka buah dan sayuran.
  • Produksi Ekstrak Bahan Alami
    Melihat meningkatnya gaya hidup “back-to-nature” dan kekayaan Indonesia akan keanekaragaman hayati nomor dua di dunia, Konimex menangkap peluang untuk menyediakan produk-produk dengan bahan alami.

    Untuk meningkatkan kualitas produk-produk berbasis bahan alami yang dihasilkan, pada tahun 2015 Konimex mengembangkan fasilitas produksi ekstrak bahan alami sehingga menjadi salah satu pemasok bahan ekstraksi bagi industri manufaktur dalam dan luar negeri. Produk ekstrak bahan alami tersebut digunakan di bidang obat tradisional, makanan, kosmetik, dan industri lain. Beberapa keunggulan Konimex dalam industri ekstraksi ini antara lain:
    • Konimex merupakan salah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang memiliki izin Industri Ekstrak Bahan Alam (IEBA) sekaligus Cara Pembuatan Obat Tradisional yang baik (CPOTB) di Indonesia.
    • Adanya dukungan dari banyak pemasok serta petani bahan alam untuk menjamin ketersediaan pasokan bahan yang berkualitas.
    • Adanya dukungan dari lembaga-lembaga penelitian dalam budidaya, peningkatan kualitas, serta optimasi kandungan senyawa bahan aktif bahan baku tanaman obat.
    • Pengalaman dari para peneliti dan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan dengan lingkungan peraturan perundangan yang ketat.

 

MELANGKAH KEDEPAN


Setengah abad sudah Konimex berkarya, berinovasi, dan ikut menyehatkan bangsa. Kondisi pasar dan persaingan sudah banyak berubah jika dibandingkan saat awal Konimex berdiri dulu. Walau demikian, waktu juga yang membuktikan bahwa kerja keras, nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian yang dijalankan tetap relevan, serta mampu mempertahankan posisi Konimex sebagai salah satu perusahaan farmasi dan consumer goods terbesar di Indonesia. Yang lebih membanggakan lagi, semua prestasi tersebut berhasil dicapai dengan status Konimex yang masih tetap dipertahankan sebagai Private Company bukan Public Company. Melangkah ke depan, selain terus menjaga dan meningkatkan kerjasama yang baik dengan para stakeholder. Konimex juga semakin terpacu untuk meningkatkan segala aspek usahanya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Untuk itu Konimex akan terus mengeksplorasi potensi pasar yang sangat besar melalui riset konsumen, riset dan pengembangan produk, pemanfaatan teknologi terbaru, serta memperluas jaringan distribusi ke berbagai daerah di Indonesia dan manca negara.

Hadirnya Konimex di beberapa negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah hanyalah langkah awal saja. Setelah memperkuat pasarnya di negara-negara tersebut, Konimex akan semakin melebarkan sayapnya ke lebih banyak negara, dengan tujuan ikut menyehatkan mereka yang membutuhkan, sekaligus mengharumkan nama Indonesia. Marilah kita satukan langkah mewujudkan cita-cita hidup bahagia dengan bahu- membahu, bersinergi dalam upaya menyehatkan bangsa.

SEHAT BERSAMA, TUMBUH BERSAMA.