GOLDEN EVENT

Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama

30 March 2017

Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT Konimex yang ke-50, PT Konimex menyelenggarakan serangkaian kegiatan di sepanjang tahun. Salah satunya adalah menginisiasi program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bertema Proyek Sanitasi Sekolah yang befokus pada pembangunan dan perbaikan fasilitas sanitasi di Sekolah Dasar (SD) serta acara lari maraton Run For Health di Sukoharjo.

Rachmadi Joesoef selaku Direktur PT Konimex mengatakan, “Di ulang tahun PT Konimex yang ke-50, kami menyelanggarakan berbagai kegiatan baik secara internal maupun eksternal sebagai bentuk apresiasi dan rasa syukur atas dukungan serta loyalitas yang diberikan kepada PT Konimex selama ini. Tema ‘Sehat Bersama, Tumbuh Bersama’ yang kami usung turut merefleksikan visi kami untuk berkontribusi dalam menyehatkan bangsa tidak hanya melalui produk-produk kami tapi melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan.”

Mewujudkan Indonesia dengan 100% akses sanitasi bagi seluruh lapisan masyarakat di 2019 merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini. Di Sukoharjo sendiri, ratio perbandingan jumlah toilet dengan siswa belum seimbang. Adapun toilet yang tersedia belum secara keseluruhan memenuhi standard kelayakan sanitasi dasar untuk terciptanya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, hanya 40% sekolah dasar di Sukoharjo dengan kondisi toilet yang memadai.

Dengan kondisi tersebut PT Konimex berkeinginan berkontribusi menciptakan bangsa yang sehat, salah satunya dengan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat sebagai rumah bagi lahirnya generasi penerus bangsa. Lewat Proyek Sanitasi Sekolah, PT Konimex akan membangun dan memperbaiki toilet di sekolah dasar serta memberikan edukasi seputar PHBS di Sukoharjo, tempat pabrik Konimex berdiri. Ini juga sekaligus bentuk dukungan terhadap program Kementerian Kesehatan RI mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Dalam proses pelaksanaannya, PT Konimex turut mendapatkan sambutan baik dari pihak pemerintah setempat sebagai bentuk perwujudan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah.

Drs. Mulyadi MM selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Sukoharjo mengatakan “Penyediaan akses air yang bersih dan aman, dan fasilitas jamban atau toilet yang layak serta pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah merupakan bagian dari hak anak yang harus dipenuhi oleh semua pihak. Terima kasih untuk PT Konimex sudah ambil bagian dalam mewujudkannya serta kontribusi nyata yang diberikan terutama bagi masyarakat Sukoharjo selama 50 tahun ini.”

“Kami sangat mengapresiasi Proyek Sanitasi Sekolah yang diinisiasi PT Konimex bagi sekolah dasar di Sukoharjo. Hal ini sejalan dengan peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 1429/Menkes/SK/XII/2006 tentang Pedoman Penyelenggaran Kesehatan Lingkungan Sekolah. Dari segi kesehatan, toilet yang bersih juga bisa mencegah penyakit diare, muntaber dan penyakit lainnya,” kata Dr. Nasrudin, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo.

Dalam semangat kebersamaan rangkaian perayaan ulang tahunnya, PT Konimex turut mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara Konimex Run For Health. Acara ini merupakan kegiatan lari maraton pertama yang diadakan di Sukoharjo pada tanggal 14 Mei 2017. Pendaftaran peserta dilakukan melalui website www.konimex.com/runforhealth. Dengan berpartisipasi dalam acara ini, setiap 230 km jarak lari yang terkumpul akan setara dengan satu toilet di sekolah dasar bagi Proyek Sanitasi Sekolah.

Fajar Arifan sebagai penggiat lari dan drummer band Alexa turut hadir untuk memeriahkan kegiatan ini, “Lari merupakan kegiatan yang tidak hanya menyehatkan tapi dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat sekitar. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti lari maraton di Sukoharjo. Saya berharap kegiatan Run For Health dapat diikuti banyak masyarakat di Jawa Tengah dan bersama-sama berkontribusi terhadap Proyek Sanitasi Sekolah.”

Selama 50 tahun eksistensinya di Indonesia, PT Konimex berperan serta melalui usaha penyediaan obat-obatan dan makanan yang bermutu, mudah didapat serta murah dan tejangkau harganya (3MU). PT Konimex saat ini mempunyai kurang lebih 121 merek produk dan fokus pada produk – produk:

  • Farmasi dengan produk-produknya yang terkenal diantaranya Paramex, Konidin, Inza, Neo Napacin, Siladex, Termorex, Anakonidin, Ever E, Protecal
  • Kembang Gula dengan rasa unik yang digemari masyarakat seperti Hexos, Nano-Nano, dan Frozz
  • Produk Alami yang hingga kini sudah memiliki 23 produk berbasiskan bahan alami diantaranya Konicare dan Herbadrink
  • Makanan Ringan favorit masyarakat antara lain Choco Mania, Tini Wini Biti, Diasweet Litebite

“Melalui berbagai pengembangan di masing-masing fokus usaha, PT Konimex Indonesia memiliki komitmen jangka panjang untuk turut menyehatkan bangsa, sejak 50 tahun lalu, 50 tahun mendatang, dan seterusnya,” tutup Rachmadi.

          

Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama