SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Malaria

Ilustrasi nyamuk (via: pixabay)

 

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium. Penyakit ini mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

Ada 4 jenis penyakit malaria yang masing-masing disebabkan oleh spesies parasit yang berbeda. Gejala tiap-tiap jenis biasanya berupa meriang, panas dingin menggigil dan keringat dingin. Dalam beberapa kasus yang tidak disertai pengobatan, gejala-gejala ini muncul kembali secara periodik. Jenis malaria paling ringan adalah malaria tertiana yang disebabkan oleh Plasmodium vivax, dengan gejala demam dapat terjadi setiap dua hari sekali setelah gejala pertama terjadi (dapat terjadi selama 2 minggu setelah infeksi).

Demam rimba (jungle fever), malaria aestivo-autumnal atau disebut juga malaria tropika, disebabkan oleh Plasmodium falciparum merupakan penyebab sebagian besar kematian akibat malaria. Organisme bentuk ini sering menghalangi jalan darah ke otak, menyebabkan koma, mengigau, serta kematian.

Malaria kuartana yang disebabkan oleh Plasmodium malariae, memiliki masa inkubasi lebih lama daripada penyakit malaria tertiana atau tropika; gejala pertama biasanya tidak terjadi antara 18 sampai 40 hari setelah infeksi terjadi. Gejala tersebut kemudian akan terulang kembali setiap 3 hari.

Jenis ke empat dan merupakan jenis malaria yang paling jarang ditemukan, disebabkan oleh Plasmodium ovale yang mirip dengan malaria tertiana. Pada masa inkubasi malaria, protozoa tumbuh didalam sel hati; beberapa hari sebelum gejala pertama terjadi, organisme tersebut menyerang dan menghancurkan sel darah merah sejalan dengan perkembangan mereka, sehingga menyebabkan demam.

Pengobatan malaria tergantung kepada jenis parasit dan resistensi parasit terhadap klorokuin. Untuk suatu serangan malaria falciparum akut dengan parasit yang resisten terhadap klorokuin, bisa diberikan kuinin atau kuinidin secara intravena. Pada malaria lainnya jarang terjadi resistensi terhadap klorokuin, karena itu biasanya diberikan klorokuin dan primakuin.

Obat : Mexaquin

Artikel Lainnya

Jerawat

Ilustrasi jerawat (via: pixabay) Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak pada kulit manusia. Jerawat biasanya dapat timbul dan terjadi karena hal-hal seperti : Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi. Kelenjar minyak yang diproduksi terlalu berlebih. Karena faktor genetik. Faktor hormonal...

Selengkapnya

Nyeri sendi

    Nyeri sendi / radang sendi merupakan bagian dari penyakit Arthritis (penyakit yang mengenai sendi). Penyakit sendi dikenal dalam berbagai bentuk, namun yang paling sering ditemui dalam praktek umum sehari - hari antara lain Osteoarthritis dan Rheumatoid Arthritis. Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif kronis dari sendi. Terjadi penurunan fungsi tulang rawan sendi, dimana sendi yang terkena...

Selengkapnya

Penyakit Jamur Kulit

    Penyakit jamur kulit mudah sekali menyerang masyarakat yang tinggal di daerah tropis dimana kelembaban udaranya cukup tinggi. Jamur kulit biasanya berkembang biak pada bagian kulit lembab dan tersembunyi seperti di selangkangan, ketiak, di sela jemari kaki, lipatan kulit lengan, lipatan kulit daun telinga dan kuku jari tangan maupun kaki. Bagian – bagian tubuh tadi adalah daerah lembab dan...

Selengkapnya