GOLDEN EVENT

#RunForHealth

14 May 2017

Sehat dan Tumbuh Bersama Melalui Konimex Run for Health

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT Konimex yang ke-50 pada bulan Juni 2017, PT Konimex menyelenggarakan Run for Health yaitu acara lari half marathon pertama di daerah Solo Baru, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari kontribusi PT Konimex menyukseskan Proyek Sanitasi Sekolah guna memenuhi tersedianya sanitasi dasar yang lebih memadai, di mana 230 kilometer (km) yang terlewati oleh para pelari yang berpartisipasi akan dikonversi menjadi pembangunan satu buah toilet. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pun menyampaikan dukungannya terhadap rangkaian kegiatan yang sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) ini.

Sebagai salah satu perusahaan lokal kebanggaan bangsa, PT Konimex merupakan sebuah perusahaan manufaktur farmasi, makanan, dan produk berbahan dasar alami yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 1967 yang terkenal dengan tagline-nya yaitu Ikut Menyehatkan Bangsa. Menandai serangkaian perayaan hari ulang tahunnya yang ke-50, PT Konimex mengambil tema ‘Sehat Bersama, Tumbuh Bersama’ guna merefleksikan visi PT Konimex dalam berkontribusi menyehatkan bangsa, tidak hanya melalui berbagai produk namun juga melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan.

Rachmadi Joesoef selaku Direktur PT Konimex mengatakan, “Melalui Run for Health, PT Konimex mengajak masyarakat luas, terutama Jawa Tengah, untuk berpartisipasi menyehatkan bangsa. Dari setiap 230 km jarak lari yang terkumpul akan dikonversikan menjadi setara dengan satu toilet. Dengan estimasi 2.500 peserta yang akan turut berlari di acara tersebut, PT Konimex berkomitmen untuk membangun 150 toilet di 75 Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di daerah Grogol dan Baki. Dengan ikut berlari, kita juga ikut berkontribusi bagi terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat Sekolah Dasar di Sukoharjo, yang merupakan rumah bagi pabrik PT Konimex.

“Kegiatan lari Run for Health yang kami usung merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat Sukoharjo yang juga membantu terwujudnya Proyek Sanitasi Sekolah. Kedua kegiatan ini pun merupakan kombinasi dua konsep acara, yaitu gaya hidup sehat dan berbagi kepada masyarakat.

Dalam proses pelaksanaannya, PT Konimex turut mendapatkan sambutan baik dari pihak pemerintah setempat. H. Wardoyo Wijaya, S.H, M.H., selaku Bupati Sukoharjo mengatakan “PT Konimex merupakan perusahaan yang sudah sangat dekat dengan masyarakat Sukoharjo maupun di Jawa Tengah. Kami sangat mengapresiasi rangkaian acara dan inisiatif yang diusung oleh PT Konimex yang termasuk dalam rangkaian HUT ke-50nya. Sungguh aktivitas ini turut menjadi wadah bagi masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya yang juga sejalan dengan rencana kami menuju Kabupaten Sukoharjo bebas ODF di tahun 2017. Semoga aktivitas lari ini dapat turut membangun kebersamaan, serta berkontribusi dalam membangun pola hidup sehat.”

Sejalan dengan hal tersebut, Tri Tuti Rahayu SKM. M.Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo menambahkan, “Kabupaten Sukoharjo saat ini memang sedang gencar menyosialisasikan sebuah gerakan yang diprakarsai oleh Presiden, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS. Kami melihat bahwa rangkaian acara PT Konimex ini sejalan dengan dua dari tujuh kegiatan yang ada dalam GERMAS yaitu melakukan aktivitas fisik dan menggunakan jamban. Besar harapan kami, melalui hal ini, masyarakat Sukoharjo dapat lebih membudayakan pola hidup sehat.”

Berkaitan dengan aktivitas fisik melalui kegiatan larinya, Run for Health sendiri merupakan half marathon pertama di Sukoharjo. Pilihan jarak lari lainnya adalah 5 km, 10 km, half marathon itu sendiri di 21 km, maupun juga kids fun run 1 km turut dimeriahkan oleh para penggiat lari, di antaranya Fajar Arifan (Musisi dan pelari) yang akan turun dalam kategori 21 km dan Dedeh Erawati (Atlet Lari Gawang Indonesia) di 5 km.

Dedeh Erawati, Atlet Lari Gawang Indonesia yang baru saja memenangkan dua medali emas dan satu perunggu di World Master Games 2017 di Auckland, Selandia Baru, pun turut hadir untuk mengikuti kegiatan lari ini. “Saat ini lari tidak hanya menjadi sekedar olahraga yang menyehatkan tapi dapat menjadi kegiatan yang positif untuk membangun kebersamaan sekaligus membawa perubahan sosial bagi masyarakat. Run for Health akan menjadi pengalaman lari pertama saya di Sukoharjo dan saya berharap jarak 5K yang saya tempuh, akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi anak-anak melalui Proyek Sanitasi Sekolah,” ujar Dedeh.

“Kami berharap dengan adanya Run For Health yang merupakan kegiatan lari pertama di Sukoharjo ini dapat memberikan pengalaman baru bagi masyarakat juga bersama–sama mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat. Kami ucapkan terima kasih buat semua para pelari dan masyarakat luas yang sudah mendaftar di kegiatan ini. Mari berlari untuk sanitasi sekolah yang lebih baik!” tutup Rachmadi.

http://dunialari.com/event/konimex-run-2017

http://solo.tribunnews.com/2017/03/23/drummer-band-papan-atas-ini-bakal-ramaikan-run-for-health-pt-konimex

#RunForHealth

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-50, PT Konimex Ajak Masyarakat Indonesia Untuk Sehat dan Tumbuh Bersama

30 March 2017

Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT Konimex yang ke-50, PT Konimex menyelenggarakan serangkaian kegiatan di sepanjang tahun. Salah satunya adalah menginisiasi program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bertema Proyek Sanitasi Sekolah yang befokus pada pembangunan dan perbaikan fasilitas sanitasi di Sekolah Dasar (SD) serta acara lari maraton Run For Health di Sukoharjo. Rachmadi Joesoef selaku Direktur PT Konimex mengatakan, “Di ulang tahun PT Konimex yang ke-50, kami...

Selengkapnya