TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Konimex Peduli Merapi

12 November 2010

Indonesia kembali dirundung duka. Setelah banjir bandang di Wasior dan tsunami di Mentawai, kali ini giliran gunung Merapi yang terletak diperbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah sejak Selasa, 26 Oktober 2010 telah meletus dan hingga tulisan ini dibuat (9 Nopember 2010) letusan demi letusan masih terus terjadi. Berarti selama itu pula gunung api teraktif di Indonesia ini terus mengeluarkan semburan awan panas (wedhus gembel), guguran lava pijar, guyuran hujan abu vulkanik bercampur pasir, serta banjir lahar dingin di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Bahkan abu vulkaniknya “terbang” hingga ratusan kilometer sampai ke sebagian Provinsi Jawa Barat.

Erupsi gunung Merapi telah memakan banyak korban jiwa dan tercatat ratusan ribu warga minimal dari empat kabupaten yakni Magelang, Sleman, Klaten, dan Boyolali yang harus rela meninggalkan rumah dan harta bendanya untuk mengungsi ke tempat yang aman sampai radius 20 km.

Sebagai wujud tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility), Konimex Grup dan seluruh karyawannya sejak tanggal 2 Nopember 2010 melakukan “Aksi Sosial Peduli Merapi”. Direksi Konimex memberikan bantuan obat-obatan, vitamin, dan makanan kecil produksi Konimex dan para karyawan melalui Seksi Sosial Event Tim Pembina Personalia PT. Konimex telah menggalang sumbangan dana dari karyawan dan terkumpul dana sebesar Rp. 11.000.000,- (sebelas juta rupiah).

Bantuan dana dari karyawan ini dibelanjakan barang-barang berupa tikar, selimut, handuk, pakaian anak-anak, pakaian dalam dan perlengkapan wanita, perlengkapan mandi, sabun cuci, makanan, kecap, bubur bayi, dsb.. Bantuan disampaikan sejak tanggal 2 sampai 6 Nopember 2010, serta tanggal 8 dan 9 Nopember 2010 oleh tim Konimex Peduli Merapi langsung ke tempat pengungsian. Diantaranya di desa Jumoyo, desa Gulon, desa Tanjung yang terletak di kota Muntilan, Kabupaten Magelang. Selain itu juga diserahkan ke Posko pengungsian di daerah Banteng, Kentungan, Yogyakarta. Sebagian lagi melalui Gabungan Perusahaan Farmasi Jawa Tengah, serta melalui RS. Dr. Oen Solo Baru yang membuka posko kesehatan di daerah Boyolali.

Selain bantuan berbentuk materi, mengingat kondisi mental pengungsi pasca-bencana yang terpuruk dan masih traumatis, Konimex dengan programnya yaitu Paramex Peduli, bekerja sama dengan Merapi Indah FM dan para relawan, menggelar acara hiburan organ tunggal di 8 titik pengungsian di daerah Muntilan. 'Artis-artis' yang ditampilkan pada organ tunggal ini juga merupakan para relawan, sebagai wujud kepedulian mereka terhadap para pengungsi. Antusiasme warga dalam mengikuti acara ini cukup besar, terlihat di setiap event di barak pengungsian selalu dipenuhi warga.

Konimex Peduli Merapi Konimex Peduli Merapi Konimex Peduli Merapi Konimex Peduli Merapi Konimex Peduli Merapi Konimex Peduli Merapi

Artikel Lainnya

Tanam Pohon Bersama PT. Konimex

14 August 2010

Pada bulan Desember 2009, PT. Konimex melakukan kegiatan penanaman kurang lebih 1000 bibit pohon Palem Putri di desa Sanggrahan, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan PT. Konimex dalam rangka mendukung program penghijauan yang tengah digalakkan oleh pemerintah. Beberapa jenis pohon diberikan ke Desa Sanggrahan yang diterima oleh perangkat Desa. Penanaman pohon dilakukan oleh karyawan PT. Konimex bersama Perangkat Desa dan para warga desa Sanggrahan di sepanjang jalan desa. Selain...

Selengkapnya

Pengajaran Bahasa Inggris

13 August 2010

PT. Konimex peduli dengan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia. Dimulai dengan desa Sanggrahan dan desa Cemani yang terletak di sekitar lokasi perusahaan, PT. Konimex memberikan sesi pengajaran bahasa Inggris yang dilakukan oleh para staff Konimex sendiri. Pelajaran bahasa Inggris diberikan kepada murid-murid SD kelas empat dan lima di SDN Sanggrahan I, SDN Sanggrahan II serta SDN Cemani V dan VI dengan total pengajar berjumlah 22 orang. Kegiatan ini telah...

Selengkapnya

Fogging

12 August 2010

Dalam rangka upaya membasmi sarang nyamuk dan mencegah munculnya penyakit Demam Berdarah, PT. Konimex melakukan kegiatan fogging di desa Sanggrahan, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan di bulan September 2009 dan menjangkau 78 rumah penduduk dan sebuah masjid di dusun Ngronggah RT. 01/ IX. Kegiatan fogging ini dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan bantuan koordinasi dari Kepala Desa atau Camat setempat.

Selengkapnya