SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Jangan Diet Sembarangan

 

 

 Berhati-hatilah dalam melakukan diet karena tidak semua diet baik bagi kesehatan. Beberapa jenis diet yang tidak direkomendasi oleh dokter karena dinilai cukup berbahaya

  1. DIET ATKINS (Diet Macan)
    Diet ini pada prinsipnya dilakukan dengan cara meniadakan semua jenis makanan yang mengandung gula, baik itu dari buah-buahan, sayuran maupun kue. Termasuk pula meniadakan kandungan zat hidrat arang (contoh : pasta, roti serta makanan tepung lainnya). Di sisi lain diperbolehkan mengkonsumsi tanpa batas lemak dari protein seperti hidangan yang kaya akan saus dan krim. Diet ini berbahaya karena tidak adanya asupan garam mineral serta serat yang sebenarnya mempermudah tugas usus. Sedangkan dengan adanya konsumsi lemak yang tinggi maka kadar asam urat di dalam darah akan meningkat, sehingga bisa menimbulkan penyakit pada sendi, otot bahkan ginjal.
  2. DIET PUASA TOTAL
    Diet ini mengharuskan tidak makan apa pun selama 2-3 hari kecuali minum sedikit air dan air teh tanpa gula. Hasil diet ini dinilai tidak efektif karena sesudah masa Puasa seseorang akan mulai ngemil lagi.
  3. DIET KLINIK MAYO
    Diet ini berupa konsumsi 6 butir telur/ hari. Tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah, sayur mentah dengan bumbu atau gula. Hanya diperbolehkan makan malam dengan daging panggang atau ikan rebus setiap 2 hari. Diet ini dinilai tidak baik bagi fungsi faal tubuh dan membuat ginjal bekerja keras. Diet ini cukup berat sehingga menghalangi orang menjalani kehidupan sosial yang wajar.
  4. DIET MONOTON
    Diet ini pada prinsipnya hanya mengijinkan makan makanan berkalori rendah seperti buah-buahan, sayuran, ikan, daging tidak berlemak serta telur, tanpa batas. Diet ini dinilai kurang bergizi sehingga cenderung menyebabkan masalah sulit tidur, cepat marah serta menimbulkan penyakit pada gusi.
  5. DIET MENURUT UKURAN BADAN
    Seorang yang berukuran tubuh kecil diyakini membutuhkan kalori yang lebih sedikit dibandingkan tubuh yang lebih besar. Cara diet ini tidak sepenuhnya benar karena pada prinsipnya 2 orang dengan ukuran tubuh yang sama membutuhkan gizi yang berbeda.
  6. DIET VEGETARIAN
    Diet ini pada prinsipnya tidak mengkonsumsi segala jenis makanan dengan bahan dasar hewan. Yang diperbolehkan hanya buah-buahan, sayuran, roti, gandum serta minyak tumbuhan. Diet ini sangat kekurangan kandungan protein hewani serta kalsium. Orang yang menjalankan diet ini cenderung mudah merasa letih dan tidak bertenaga, serta akan terlihat cepat tua.
  7. DIET HIPERPROTEIN
    Diet ini hanya mengijinkan mengkonsumsi protein dalam bentuk susu dan minum air tanpa gula. Hanya 1x/ minggu diperbolehkan mengkonsumsi 0.25kg sayuran hijau. Diet ini dianggap berbahaya karena asupan kalori yang terlalu rendah. Diet ini hanya boleh dilakukan dengan pengawasan ketat dari dokter.

DIASWEET Sweetener, DIASWEET Litebite, DIASWEET Litesip

Artikel Lainnya

Mengenal Osteoartritis

Osteoartritis merupakan penyakit kerusakan tulang rawan sendi yang berkembang lambat dan berhubungan dengan usia lanjut. Seperti halnya mesin yang semakin tua semakin aus, persendian manusia akan mengalami kerusakan ketika tua, terutama pada sendi-sendi besar yang menopang berat tubuh (sendi lutut, paha, dan tulang belakang). Osteoarthritis paling sering mengenai sendi lutut, akan terjadi kerusakan permukaan tulang rawan sendi secara progresif dan pembentukan tulang baru pada dasar lesi...

Selengkapnya

Nyeri Haid, Bahayakah??

    Nyeri haid (dismenorea) merupakan suatu gejala yang paling sering menyebabkan wanita muda pergi ke dokter untuk konsultasi dan pengobatan. Hampir semua wanita mengalami rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan selama haid. Istilah dismenorea dipakai jika nyeri haid dirasakan sedemikian hebatnya sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan atau cara hidupnya...

Selengkapnya

Cara Menyimpan Obat yang Benar

Ilustrasi obat (via: pixabay)   Memiliki persediaan obat di rumah sangatlah berguna. Apabila suatu saat kita membutuhkan obat, kita tak perlu repot harus membeli obat terlebih dahulu di apotek. Dalam kondisi sedang sakit, akan sangat merepotkan apabila kita masih harus keluar rumah untuk pergi membeli obat di apotek terdekat, ditambah lagi apabila saat itu cuaca sedang tidak bersahabat, tentunya malah...

Selengkapnya