SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Nyeri Haid, Bahayakah??

 

 

Nyeri haid (dismenorea) merupakan suatu gejala yang paling sering menyebabkan wanita muda pergi ke dokter untuk konsultasi dan pengobatan. Hampir semua wanita mengalami rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan selama haid.
Istilah dismenorea dipakai jika nyeri haid dirasakan sedemikian hebatnya sehingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan pekerjaan atau cara hidupnya sehari-hari.

Dismenorea dibagi menjadi 2:

  1. Dismenorea primer
    Merupakan nyeri haid yang dijumpai tanpa kelainan ada alat-alat genital yang nyata. Biasanya terjadi beberapa waktu setelah haid pertama kali (12 bulan atau lebih).
    Rasa nyeri timbul tidak lama sebelum atau besamaan dengan permulaan haid dan berlangsung untuk beberapa jam atau beberapa hari. Dapat disertai rasa mual, muntah, sakit kepala, diare, iritabilitas, dan sebagainya.
    Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya dismenorea primer, antara lain:
    • Faktor psikologis
    • Faktor ketahanan terhadap rasa nyeri
    • Posisi rahim
    • Faktor hormonal

  2. Dismenorea sekunder
    Disebabkan oleh kelainan ginekologik. Biasanya disertai dengan perdarahan haid yang tidak normal ataupun perdarahan di luar masa haid.

Dismenorea adalah gangguan yang tidak berbahaya untuk kesehatan. Dismenorea primer dapat diatasi dengan obat-obat pengurang nyeri haid Feminax. Apabila nyeri haid muncul dengan disertai perdarahan haid yang tidak normal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Feminax, Feminax Lancar Haid

Artikel Lainnya

Cara Menyimpan Obat yang Benar

Ilustrasi obat (via: pixabay)   Memiliki persediaan obat di rumah sangatlah berguna. Apabila suatu saat kita membutuhkan obat, kita tak perlu repot harus membeli obat terlebih dahulu di apotek. Dalam kondisi sedang sakit, akan sangat merepotkan apabila kita masih harus keluar rumah untuk pergi membeli obat di apotek terdekat, ditambah lagi apabila saat itu cuaca sedang tidak bersahabat, tentunya malah...

Selengkapnya

Mata Merah Karena Iritasi Ringan, Perlu Segera Diatasi

Mata adalah jendela dunia. Satu dari panca indera yang penting untuk tubuh manusia, oleh karenanya kita harus selalu menjaga kesehatan mata. Mata merah merupakan keluhan penderita yang sering kita dengar. Tampak melalui perubahan warna bola mata yang sebelumnya putih menjadi berwarna merah. Mata merah timbul akibat bertambahnya asupan pembuluh darah ataupun berkurangnya pengeluaran darah pada bola mata. Mata merah dapat dibagi menjadi 2 kelompok: Mata merah tanpa disertai...

Selengkapnya

Mengukur Panas Demam Tubuh

    Menempelkan telapak / punggung tangan ke dahi sering dan biasa dilakukan, namun bukan cara yang tepat untuk mengukur suhu tubuh panas, normal atau dingin. Meningkatnya suhu tubuh bukan serta merta menjadi petunjuk seseorang harus minum obat turun panas. Setiap kali anak mengeluh tidak enak badan, pasti tindakan pertama kita adalah dengan menempelkan tangan ke dahi atau lehernya. Tapi...

Selengkapnya