SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Mata kering

 

 

Masalah yang sering menimpa masyarakat perkotaan adalah mata kering. Sindrom mata kering adalah keadaan di mana air mata tidak bisa membasahi mata dengan semestinya. Air mata dihasilkan oleh kelenjar air mata (kelenjar lakrimal). Fungsinya untuk membersihkan mata dan mengeluarkan benda-benda asing atau iritan.

Sindrom mata kering bisa terjadi akibat berada di ruang ber-AC, terpapar asap rokok dan pada penggunaan lensa kontak. . Aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga mata cenderung jarang berkedip dalam waktu lama, seperti bekerja di depan komputer juga bisa memicu mata kering.

Produksi air mata normal akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu sindrom mata kering ini juga banyak dijumpai pada usia lanjut. Pada proses penuaan produksi lemak tubuh menjadi semakin berkurang, sehingga lapisan air mata lebih cepat menguap dan membuat mata lebih cepat kering.

Sindrom mata kering ini bisa diatasi dengan penggunaan air mata buatan atau “artificial tears”. Obat tetes berupa air mata buatan ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Dasar pengobatannya adalah menggantikan air mata yang cepat mengering. Selain itu, sebaiknya hindari faktor penyebab mata kering. Jika sering bekerja di ruangan ber-AC, usahakan untuk sering keluar dari ruangan. Bisa juga dengan cara mengistirahatkan mata setiap 30 menit sekali jika sering menggunakan komputer.

Sindrom mata kering umumnya tidak menyebabkan gangguan penglihatan. Namun, pada kasus yang berat, apalagi bila tidak ditangani segera, dapat menimbulkan kerusakan pada mata, sehingga penglihatan terganggu.

Obat : Braito Tears

Artikel Lainnya

Asma

    Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap...

Selengkapnya

Diare

Ilustrasi diare (via: pixabay)   Diare merupakan suatu kondisi dimana orang mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus dan tinja yang dikeluarkan masih mengandung banyak air. Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Organisme-organisme ini mengganggu proses penyerapan makanan di usus halus. Dampaknya makanan tidak dicerna dengan...

Selengkapnya

Masuk angin

Ilustrasi demam (via: pixabay)   Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme vasokonstriksi dimana terjadi penyempitan pembuluh darah kita yang sebetulnya merupakan mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi hipotermi. Nah, penyempitan pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita menjadi kurang lancar, sehingga hasil metabolisme dan...

Selengkapnya