SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

RAHASIA TULANG SEHAT

TULANG SEHATKU LINDUNGI KEBAHAGIAAN KELUARGA

Keluarga adalah sumber kebahagiaan utama.
Alangkah sempurnanya hidup jika kita bisa terus mendukung aktivitas suami/isteri, bermain bersama anak dan menggendong cucu kita hingga tua nanti.

Untuk dapat terus aktif, kita memerlukan tulang yang kuat dan sehat. Kalsium dibutuhkan tubuh sebagai mineral yang berfungsi menjaga kepadatan tulang.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan terus menurun. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan kalsium sejak dini sangat penting, bahkan sebelum usia 30 tahun saat pertumbuhan tulang masih optimal.

Kalsium dapat diperoleh dari sayur, kacang-kacangan, keju, ikan teri dan ikan presto. Bila perlu, dukung kalsium dengan suplemen makanan.

Ingin tahu kebutuhan kalsium yang cocok bagi kisaran usia Anda?

Silakan mengacu pada table di bawah ini :

Tabel kebutuhan Kalsium

 

*Pencegahan Dini Osteoporosis, Pedoman bagi Orang Tua, petugas UKS, Guru Pendidikan Jasmani & Kesehatan, Depkes 2006
*Vitamin & Mineral Requirements in Human Nutritions; Report of a joint FAO/WHO expert consultation, Bangkok, Thailand, 21-30 Sep 1998.

WASPADAI OSTEOPOROSIS !
2 dari 5 orang Indonesia beresiko terkena osteoporosis!

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, terutama pada tulang belakang, lengan atas dan tulang pinggul. Gejala osteoporosis sulit dideteksi. Kebanyakan baru disadari ketika sudah terjadi pembongkokan tulang belakang, retak atau patah tulang, terjepitnya urat syaraf atau gejala lainnya.

 

Salah satu penyebab osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium harian. Rata-rata konsumsi kalsium harian ornag Indonesia termasuk jauh di bawah angka yang dianjurkan yaitu 300-400mg*. Padahal kalsium sangat dibutuhkan untu pertumbuhan dan mempertahankan kekuatan tulang, terutama bagi wanita. Fakta membuktikan bahwa wanita mengalami pengeroposan tulang lebih cepat dibandingkan pria akibat adanya masa menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause.

*International Osteoporosis Foundation (IOF), The Asian Audit Epidemiology, Cost and Burden of Osteoporosis in Asia 2009.

Obat: Protecal

Artikel Lainnya

Keracunan dan obat penawarnya

Inilah pertolongan pertama yang sebaiknya dilakukan sebelum penderita keracunan dibawa ke dokter atau rumah sakit : Keracunan pestisida. Konsumsi air kelapa hijau yang diberi garam dapur. Usahakan agar muntah dengan cara memasukkan jari bersih ke kerongkongan. Keracunan singkong, gadung atau kara benguk. Diatasi dengan minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Dapat juga dicampur gula kelapa. Keracunan jamur. Untuk mengobatinya minumlah sebutir telur ayam yang sudah dikocok....

Selengkapnya

Problema dan Perawatan Kecantikan Kulit

Merawat kecantikan tidak hanya dari luar melainkan juga dari dalam. Khususnya pada wanita, kulit adalah salah satu yang menjadi perhatian utama dalam perawatan tubuhnya. Kulit merupakan organ tubuh paling luar yang mendominasi penampilan seseorang. Ia akan terlihat tampil menarik serta percaya diri bila mempunyai kulit yang sehat dan cantik. Kondisi kulit yang sehat dan segar adalah idaman setiap orang karena tampil awet muda. Pada saatnya, kondisi kulit akan berubah dari masa ke masa...

Selengkapnya

MENGAPA VAKSINASI ITU PERLU?

Ada pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan vaksinasi, paling tidak kita sudah mengurangi resiko terserang bakteri. Menurut Wikipedia, Vaksinasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Misalnya vaksin polio diberikan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit polio. Vaksinasi juga sering disebut sebagai imunisasi. Banyak orang tua bertanya, mengapa walaupun sudah divaksin, anaknya masih...

Selengkapnya