SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

MENGAPA VAKSINASI ITU PERLU?

Ada pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan vaksinasi, paling tidak kita sudah mengurangi resiko terserang bakteri.

Menurut Wikipedia, Vaksinasi adalah pemberian vaksin kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit. Misalnya vaksin polio diberikan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit polio. Vaksinasi juga sering disebut sebagai imunisasi.

Banyak orang tua bertanya, mengapa walaupun sudah divaksin, anaknya masih sering jatuh sakit juga? Ternyata kuat lemahnya perlindungan terhadap penyakit juga ditentukan oleh berbagai faktor lain, seperti daya antigenitas vaksin, keadaan sistem imunitas tubuh anak, faktor gizi, dll.

Anak yang telah divaksinasi memang masih mungkin terserang penyakit. Tetapi biasanya penyakit timbul dalam bentuk yang lebih ringan dan berlangsung lebih singkat.

Begitu pula harus diperhatikan bagaimana cara kuman menyerang tubuh manusia. Dulu kita mengenal vaksin kolera yang ditujukan untuk mencegah terkena penyakit kolera (yang menimbulkan muntah berak). Vaksin diberikan lewat suntikan dan menimbulkan kekebalan dalam darah. Padahal kolera masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman yang tercemar. Di usus halus, kuman kolera berkembang biak dan menimbulkan penyakit. Tetapi kuman tidak masuk ke darah. Jadi, kekebalan dalam darah tidak menimbulkan kekebalan pada saluran usus yang menjadi pintu masuk kolera. Maka vaksinasi kolera tidak lagi dianjurkan.

Anak yang telah divaksinasi memang masih mungkin terserang penyakit. Tetapi biasanya penyakit timbul dalam bentuk yang lebih ringan dan berlangsung lebih singkat. Hal ini dapat terjadi karena antibodi yang terbentuk dalam tubuh mempunyai waktu paruh. Jadi dengan bertambahnya waktu, terjadi proses penghancuran yang memperlemah daya tangkal antibodi.

Namun secara keseluruhan pemberian vaksinasi yang memadai memberikan proteksi dan menyebabkan anak terbebas dari penyakit. Selain itu ada lagi keuntungan anak yang sudah divaksinasi, terutama bila anak harus sekolah di luar negeri dimana surat keterangan vaksinasi menjadi faktor yang penting, dan melakukan vaksinasi di luar negeri ternyata biayanya sangat tinggi.

(sumber : Intisari/No. 384 /Juli’95/hal. 73 – sudah diedit)

Artikel Lainnya

Langsing dengan Pemanis Rendah Kalori

Sepak terjang kehidupan modern sulit dilepaskan dari citra diri gesit dan lincah serta penampilan fisik yang mendukung. Untuk hal terakhir, selain mesti bugar, berat tubuh selayaknya imbang dengan tinggi. Soalnya, penampilan paling meyakinkan sangat didukung oleh tubuh sehat dan langsing. Agar tubuh tetap langsing – termasuk untuk menurunkan berat berlebih – perlu diet alias pengaturan pola makan/minum harian. Salah satu sebab munculnya kegemukan adalah menumpuknya sediaan kalori...

Selengkapnya

Jangan Sepelekan Bau Mulut

Pasien yang datang ke dokter gigi biasanya punya masalah dengan keadaan gigi dan mulutnya. Bau mulut alias halitosis adalah salah satunya, bahkan urutan ketiga setelah penyakit dan kosmetik gigi. Halitosis memang bukan penyakit, tetapi gejala dari suatu sebab. Beruntung kalau si penderita menyadarinya. Kalau tidak, hawa tak sedap dari mulut ini dapat menimbulkan pengaruh negatif dalam bisnis, kehidupan perkawinan, dan kepercayaan diri dalam pergaulan. Memang ada kalanya bau mulut tidak...

Selengkapnya

Kapan saya perlu minum pemanis rendah kalori?

    “Saya kan nggak sakit gula, apa saya boleh minum pemanis rendah kalori?” Memang selama ini ada sedikit salah pengertian pada kebanyakan orang. Masih banyak yang berpikir bahwa pemanis rendah kalori itu diperuntukkan hanya bagi penderita penyakit kencing manis (diabetes mellitus). Apa sebenarnya manfaat pemanis rendah kalori dan siapa yang boleh mengkonsumsinya? Manfaat pemanis buatan...

Selengkapnya