INVESTASI SEHAT

Cegah Diabetes Sedini Mungkin

Penyakit diabetes atau kencing manis merupakan penyakit dapat mengakibatkan banyak komplikasi yang berbahaya. Selain itu angka kejadian penyakit diabetes semakin meningkat, hal ini membuat penyakit diabetes menjadi penyakit yang tidak dapat dianggap remeh.

Penyebab utama timbulnya penyakit diabetes adalah faktor life style atau gaya hidup yang salah. Kebiasaan jarang berolahraga dan gemar mengkonsumsi makanan cepat saji atau karbohidrat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan diabetes.

Lalu bagaimanakah cara gaya hidup yang sehat sehingga kita terhindar dari penyakit diabetes itu? Berikut tips-nya:

  • Batasi asupan karbohidrat dan gula
    Asupan karbohidrat dan gula yang terlalu banyak akan menyebabkan organ pancreas bekerja terlalu keras memproduksi insulin untuk pemecahan glukosa. Akibatnya lama-kelamaan pancreas akan mengalami kerusakan, akibatnya insulin yang dihasilkan akan berkurang dan terjadilah diabetes tipe 1. Kontrol asupan gula harian Anda dengan makanan dan snack yang sehat, misalnya dengan mengkonsumsi produk Diasweet.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C, D, dan E
  • Gunakan bumbu masak alami
    Bumbu masak alami kaya akan antioksidan yang dapat mencegah proses peradangan, yang juga terkait dengan diabetes tipe 2. Antioksidan tertinggi ada pada cengkeh, kunyit, dan kayu manis.
  • Atur berat badan
    Obesitas erat kaitannya dengan diabetes, maka dari itu aturlah berat badan, jangan sampai kelebihan berat badan.
  • Berolahraga secara teratur
    Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Olahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengubah glukosa menjadi energi untuk digunakan oleh tubuh.
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari merokok dan minum alkohol.

Artikel Lainnya

Bagaimana cara mengetahui seseorang mengalami obesitas?

Cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh dengan rumus: Bila hasil nilai BMI dibawah 18.5 itu artinya berat Anda dibawah standar atau terlalu kurus. Bila nilai BMI 18.5 – 22,9 berarti berat badan Anda normal Bila nilai BMI ≥ 23,0 berarti Anda memiliki berat badan lebih. Nilai BMI 23,0 – 24,9 berarti Anda berresiko mengalami obesitas Nilai BMI 25,0 –...

Selengkapnya

Obesitas... Suatu Fakta Sejak 25.000 Tahun Sebelum Masehi...

Obesitas merupakan suatu keadaan kelebihan berat badan dengan penumpukan lemak yang tidak normal atau berlebihan sehingga dapat mengganggu kesehatan. Keadaan obesitas meningkatkan resiko terjadinya beberapa penyakit dan gangguan kesehatan. Penyakit yang paling umum menyerang pada orang yang obesitas adalah gangguan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Keadaan obesitas sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Sebuah artefak ukiran batu yang dikenal dengan Venus of Willendorf dari era...

Selengkapnya

Manfaat Olahraga

Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga adalah cara alami menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Penelitian membuktikan, aktif bergerak setiap hari dapat menjauhkan dari risiko penyakit. Bertolak dari hal tersebut, olahraga dapat dikatakan sebagai obat, yang kemudian menginspirasi terlahirnya terapi olahraga (sport therapy). Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University...

Selengkapnya