INVESTASI SEHAT

Periksa rutin kesehatan tubuhmu!

Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang, yuk.. mari kita jaga tubuh kita sebelum sakit, dengan melakukan beberapa hal dibawah ini secara rutin :

Gigi
Untuk mempertahankan agar senyum indah tetap menyertai Anda, rajinlah periksakan keadaan gigi setiap enam bulan sekali. Mungkin Anda punya keluhan seperti gusi berdarah, gigi berlubang atau halitosis. Selain itu, bersihkan karang gigi yang menempel setidaknya enam bulan sekali tergantung kondisi Anda.

Mata
”Mata adalah jendela hati”, wah... pasti Anda tak ingin ”jendela” Anda memiliki masalah. Apalagi untuk yang memakai kacamata & banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Ketajaman penglihatan dan fungsi bola mata perlu diperiksa secara teratur. Lakukan pemeriksaan ini setiap enam bulan hingga setahun sekali.Kondisi ketajaman pengelihatan cenderung menurun seiring bertambahnya usia Anda.

Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)
Sering berada di jalanan dan mendapat terpaan polusi suara ? Periksakan kepekaan pendengaran jika Anda bekerja atau sering berada di tempat bising. Sering bersin-bersin atau tenggorokan gatal? Segeralah periksa ke dokter. Reaksi alergi tersebut akan dapat berkembang menjadi penyakit yang cukup mengganggu kondisi tubuh Anda.

Payudara
Buat kaum perempuan, yuk lakukan SADARI (periksa payudra sendiri) secara teratur demi kesehatan payudara. Berdiri tegak di depan cermin dengan tangan kiri di atas kepala. Raba payudara kiri dengan gerakan memutar. Yang Anda cari bisa berupa benjolan atau perubahan bentuk yang tidak biasa. Lakukan tes yang sama dengan tangan kanan. Kemudian tekan perlahan daerah di sekitar puting dan perhatikan apakah mengeluarkan cairan. Saat terbaik untuk melakukan SADARI adalah seusai menstruasi setiap bulannya.

Bila Anda baru melahirkan, kunjungi rumah sakit terdekat untuk menjalani tes mammografi. Tes ini berguna sebagai deteksi dini kanker payudara. Hal yang lazim dilakukan sekarang adalah gabungan antara mammografi dan USG agar hasil lebih optimal dan akurat. Lakukanlah secara teratur setiap tahun pada waktu yang sama. Bagi Anda yang belum menikah, tes ini tidak dianjurkan karena kondisi payudara masih padat dan kencang.

Darah
Lakukan pemeriksaan darah berupa blood count dan blood pressure secara rutin setiap tahun. Minta dokter Anda memeriksa jumlah sel darah putih, sel darah merah serta haemoglobin. Tekanan darah yang normal bagi orang dewasa berkisar 120/80.

Jangan lupa untuk juga memeriksa kadar kolesterol dalam darah Anda! Mungkin Anda sering makan enak tanpa sadar jumlah kolesterol yang masuk. Terutama jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit jantung, darah tinggi atau diabetes. Jumlah total kolesterol tidak boleh melebihi 200 dengan LDL (kolesterol jahat) dibawah 130 dan HDL (kolesterol baik) diatas 60.

Jantung
Organ tubuh yang paling penting adalah jantung, dengan menyayangi jantung berarti Anda menyayangi hidup Anda dan keluarga. Tes yang biasanya dilakukan adalah Elektrokardiogram (EKG) berguna untuk merekam denyut jantung Anda. Ritme nadi ini berguna untuk mengetahui berapa banyak dan seberapa cepat darah yang mengalir ke jantung. Dianjurkan oleh dokter sebaiknya dilakukan setiap tiga tahun sekali bagi wanita berusia diatas 40 tahun. Biasakan diri untuk hidup sehat dan hindari stress yang dapat mengganggu kerja jantung Anda.

Leher rahim
Rutinlah melakukan tes papsmear untuk menjaga kesehatan leher rahim . Ada dua keuntungan melakuan papsmear. Pertama pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kemungkinan adanya sel kanker. Kedua untuk mendeteksi keberadaan infeksi kelamin lainnya yang tak terlihat dari luar. Lakukanlah secara rutin tiap tahun jika Anda aktif berhubungan seksual.



(Dari berbagai sumber)

Artikel Lainnya

TULANG KUAT DENGAN KALSIUM

Kondisi tulang dapat menua dan menjadi rapuh seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Tulang keropos dan penuaan dini dapat dipercepat prosesnya dikarenakan pola makan yang tidak sehat, kekurangan kalsium, merokok, gemar minum alkohol, jarang berolahraga dan stres. Proses penuaan dini dimulai pada sekitar usia 25 tahun dan pada usia mendekati 40 tahun, kalsium serta mineral lainnya didalam tulang berkurang lebih cepat daripada seharusnya. Pada wanita menurunnya hormon estrogen menjadikan...

Selengkapnya

TIPS MUDAH MEMPERTAJAM OTAK

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita semakin melambat dan tidak menutup kemungkinan daya pikir dan ingat pun lama-lama kaan menurun. Tidak mau kan hal ini terjadi? Berikut beberapa kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk menstimulasi otak agar tetap terasah: Pola hidup sehat Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Departemen Psikiatri FKUI/RSUPN Ciptomangunkusumo menyimpulkan bahwa latihan fisik seperti aerobik atau berjalan kaki yang teratur dan cukup dapat...

Selengkapnya

DUKUNG GAYA HIDUP URBAN DENGAN SUPLEMEN

Gaya hidup perkotaan memiliki kualitas yang kurang begitu bagus bagi kesehatan tubuh. Tingkat stress tinggi, pola makan yang instan seperti junk food, belum lagi dengan kondisi lingkungan yang penuh radiasi dan toxin. Hal ini tentunya mengakibatkan penurunan kualitas daya tahan tubuh. Di kondisi seperti inilah suplemen makanan atau vitamin bisa menjadi alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mikronutrien yang dibutuhkan agar daya tahan tubuh tetap fit. Pada umumnya suplemen...

Selengkapnya