INVESTASI SEHAT

TIPS MUDAH MEMPERTAJAM OTAK

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita semakin melambat dan tidak menutup kemungkinan daya pikir dan ingat pun lama-lama kaan menurun. Tidak mau kan hal ini terjadi? Berikut beberapa kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk menstimulasi otak agar tetap terasah:

  • Pola hidup sehat

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Departemen Psikiatri FKUI/RSUPN Ciptomangunkusumo menyimpulkan bahwa latihan fisik seperti aerobik atau berjalan kaki yang teratur dan cukup dapat mengurangi penumpukan lemak yang mengganggu aliran darah ke otak sehingga kebutuhan nutrisi dan oksigen untuk otak dapat terpenuhi. Dibantu dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, kombinasi olah raga dan diet yang baik akan memaksimalkan kinerja otak kita.

  • Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur setiap hari ternyata erat kaitannya dengan fungsi otak kita. Gabungan dokter gigi dan psikiater di Inggris melakukan riset terhadap pasien dengan usia 10 – 59 tahun dan menunjukkan bahwa radang gusi dan gigi adalah salah satu penyebab bertambah parahnya kemampuan kognitif pada seseorang. Karena itu, jangan lupa menggosok gigi sehabis makan.

  • Olah raga otak

Siapa bilang berfikir adalah kegiatan yang membosankan? Banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan sambil berfikir, antara lain dengan bermain Sudoku, teka teki silang, dan permainan lainnya yang dapat mengasah kemampuan otak agar otak selalu aktif.

  • Be Happy

Tertawa dapat menstimulasi bagian dari otak kita yang mengeluarkan ‘perasaan bahagia’ melalui hormone dopamin. Khasiat tertawa tentunya sudah kita ketahui dapat mengurangi stress dan juga tekanan mental manusia. Karena itu, sempatkan diri dengan bersenang-senang disela kesibukan yang padat agar kita lebih bahagia.

 

Artikel Lainnya

DUKUNG GAYA HIDUP URBAN DENGAN SUPLEMEN

Gaya hidup perkotaan memiliki kualitas yang kurang begitu bagus bagi kesehatan tubuh. Tingkat stress tinggi, pola makan yang instan seperti junk food, belum lagi dengan kondisi lingkungan yang penuh radiasi dan toxin. Hal ini tentunya mengakibatkan penurunan kualitas daya tahan tubuh. Di kondisi seperti inilah suplemen makanan atau vitamin bisa menjadi alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mikronutrien yang dibutuhkan agar daya tahan tubuh tetap fit. Pada umumnya suplemen...

Selengkapnya

PANJANG UMUR DENGAN BERENANG

Ingin panjang umur? Sebaiknya anda harus rutin berenang mulai saat ini. Renang baik untuk latihan kardio dan persendian dengan risiko cedera yang rendah. Alhasil, penelitian dari South Carolina menunjukkan orang yang terbiasa renang memiliki resiko 50% lebih kecil untuk meninggal. Jadi dengan kata lain orang yang terbiasa berenang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibanding yang tidak terbiasa berenang. Mungkin menarik juga jika salah satu orang terdekat dengan Anda ulang tahun selain...

Selengkapnya

ROKOK BIKIN IQ JONGKOK

Para peneliti Prancis dari Institut Kesehatan Nasional dan Penelitian di Villejuif menemukan hal yang menarik tentang rokok dan kecerdasan. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 5.000 warga Inggris, ditemukan bahwa mereka yang merokok lebih rendah tingkat ingatan, bernalar, kosakata, dan juga kecakapan verbalnya, daripada mereka yang tidak merokok. Penelitian itu juga menemukan bahwa merokok sangat berhubungan dengan penurunan mental pada usia muda, seperti halnya juga mempengaruhi kerapuhan...

Selengkapnya