KELUARGA SEHAT

AGAR SI KECIL MUDAH TIDUR MALAM

Malam semakin larut, tapi balita Anda belum kunjung tidur? Padahal anak yang kurang tidur bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman. Coba cara berikut agar si kecil cepat tidur:

  1. Setelah si kecil selesai makan malam, mandikan atau seka dengan air hangat lalu pakaikan piyama kesayangannya agar tidur lebih nyaman.
  2. Lakukan rutinitas pengantar tidur seperti membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau berlompatan diatas tempat tidur. Rutinitas ini bisa dilakukan 1 jam sebelum tidur, agar ketika waktu tidur tiba, anak sudah dalam keadaan mengantuk dan bisa segera tidur.
  3. Ciptakan suasana yang mendukung kenyamanan tidur anak, misalnya bagi anak yang tidak suka gelap, lengkapi kamar tidurnya dengan lampu tidur yang redup, diletakkan di samping tempat tidurnya. Juga sediakan selimut dengan gambar kartun kesayangan si kecil.
  4. Rasa aman juga bisa menjadi salah satu yang membantu anak bisa cepat tidur. Karena itu pastikan tidak ada yang menjadikan si kecil takut menjelang tidur. Misalnya ketika menjelang tidur, jika anak merasa ada sesuatu di jendela yang membuatnya takut, maka yang harus dilakukan adalah menghidupkan lampu kamar dan membawa anak ke jendela untuk memastikan tidak ada apapun yang mengganggu seperti yang dikuatirkan.
  5. Hindari hal-hal yang bisa membuat anak kehilangan rasa kantuk, seperti menghidupkan televisi menjelang waktu tidur karena cahaya dari layar televisi dapat mengusir mood tidur anak.

Jika tips ini dilakukan secara rutin maka akan membuat anak mengenali waktu tidurnya, sehingga anak bisa tidur lebih mudah dan sesuai waktu.

Artikel Lainnya

10 Fakta Seputar Alergi

Gejala alergi memang sulit dihindari, gatal-gatal, bersin sampai kulit merah dan bibir bengkak cuma sebagian kecil dari gejala alergi. Ada yang disebabkan oleh debu, makanan atau karena jenis obat tertentu. Bahkan tak jarang ada gangguan-gangguan fisik lain, yang tanpa Anda sadari merupakan reaksi dari alergi terhadap bahan atau unsur tertentu. Apalagi saat ini tiap tahun banyak bermunculan unsur kimia baru. Suka atau tidak, tubuh kita harus beradaptasi dan terkadang muncul reaksi dalam...

Selengkapnya

MITOS - MITOS DALAM OLAHRAGA

Dengan berolah raga kita berharap mendapatkan badan bugar, jiwa sehat dan energi bertambah. Namun jangan sampai terkena ‘jebakan’ mitos-mitos yang beredar seputar olahraga. Citra-26 tahun mengeluh “Saya fitness tiga kali seminggu dan aerobic dua kali seminggu, namun jarum timbangan tak kunjung bergerak turun,begitu juga lingkar pinggang yang tidak kunjung mengecil !” Mungkin Anda pernah mengalami hal ini juga. Diet & olahragapun sudah dilakukan sesuai...

Selengkapnya

PILIHAN MENGATASI STRESS

Hampir semua orang pernah merasakan stress, dan banyak yang merasa bahwa mereka mengetahui cara tepat menghilangkan stress. Tapi, benarkah cara yang mereka gunakan benar-benar efektif bisa menghilangkan stress? Bisa jadi tidak. Beberapa kegiatan yang umum dilakukan orang untuk menghilangkan stress ternyata justru berpotensi menambah stress. Inilah beberapa diantaranya : Flavonoids Salah satu kegiatan yang banyak dipilih untuk mengatasi stress adalah dengan berolahraga. Menurut David...

Selengkapnya