KELUARGA SEHAT

SEIMBANG ITU SEHAT

Seorang tokoh budayawan pernah berkata di usianya yang ke-78 bahwa fungsi tirakat dan puasa adalah latihan untuk mengekang diri. Pengekangan diri merupakan salah satu cara untuk menenangkan batin. “Ketenangan batin membuat orang sehat dan panjang umur” katanya. Upaya untuk awet muda lewat ketenangan batin ini lebih manjur daripada dengan minum obat, jamu atau bahkan operasi plastik.

Kesederhanaan, keseimbangan dan kepasrahan hidup juga merupakan syarat untuk mencapai ketenangan jiwa. Hidup yang sederhana dan tidak ngoyo akan membuat seseorang lebih awet muda.

Bangsa Cina, yang sejak ribuan tahun lalu terkenal dengan “ilmu” panjang umurnya, menekankan pentingnya keseimbangan antara unsur yin (dingin) dan yang (panas) dalam tubuh. Bila tidak seimbang maka akan terganggu kesehatan seseorang.

Untuk menjaga keseimbangan itu bisa diatur melalui konsumsi makanan. Misalnya, hindari makanan yang terlalu panas bila Anda tinggal di daerah bersuhu panas, sebaliknya jangan terlalu banyak makan makanan dingn di daerah bersuhu dingin. Hindari makanan pedas atau terlalu kuat bumbunya dan juga es karena bikin panas perut. Makan malam perlu dibatasi sebab bisa menimbulkan 5 macam gangguan seperti sering buang air kecil dan besar, gangguan tidur, tubuh akan terlalu berat melakukan olahraga dan kerja pencernaan menjadi terlalu berat. Akibatnya tubuh cepat gemuk dan mudah terkena penyakit. Mereka juga berpendapat sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang paling sehat.

Dari beberapa penilitian, umur seseorang banyak dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari, makanan, keadaan alam dan pekerjaan (yang tidak membutuhkan banyak stress). Kehidupan keluarga yang serasi, hubungan suami isteri yang harmonis dan hidup teratur menurut falsafah orang Cina juga merupakan faktor penting agar panjang umur. Ditambah lagi latihan tenaga dalam seperti qigong/chi kung atau sejenisnya yang memang sudah dilakukan oleh orang Cina sejak ratusan tahun sebelum Masehi.

Artikel Lainnya

MEMBIASAKAN ANAK MENCUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun berguna untuk mencegah kuman dan bakteri yang tertempel di tangan masuk ke tubuh baik melalui mulut ataupun hidung. Mencuci tangan juga dapat membantu mencegah penularan penyakit yang bisa terjadi akibat berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain. Secara fisik, kondisi anak-anak lebih rentan dengan penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena itulah sebagai orang tua kita harus membiasakan anak kita rajin mencuci tangannya. Awalnya...

Selengkapnya

ANAK TIDAK SUKA MAKANAN SEHAT

Buah, sayur, susu dan kacang-kacangan adalah makanan yang sangat sehat dan sebaiknya dikonsumsi oleh anak-anak agar kebutuhan gizi mereka tercukupi dan optimal, namun seringkali kita mendapati anak-anak yang susah sekali menyantap makanan-makanan ini karena alasan tidak doyan. Berikut beberapa tips penyajian agar anak menyukai makanan sehat yang Anda hidangkan: Tidak Suka Buah Kadang anak-anak susah disuruh makan buah padahal buah banyak mengandung kalium dan vitamin. campurkan buah...

Selengkapnya

AWALI KESEHATAN KELUARGA DARI KAMAR MANDI

Demi menjaga privasi, biasanya kamar mandi berusaha tertutup rapat-rapat. Ujungnya kamar mandi menjadi lembab. Hal ini tentunya menjadi tempat yang bagus untuk berkembang biaknya mikroorganisme yang bisa merugikan kesehatan anggota keluarga. Untuk mengatasi ini, caranya adalah dengan memberikan cahaya yang cukup dan sirkulasi udara yang memadai. Nah, agar tetap menjaga privasi, untuk jendela sumber cahaya bisa kita gunakan bahan seperti kaca buram, sandblast, atau kaca es. Jangan...

Selengkapnya