KELUARGA SEHAT

TIDAK SEMPAT OLAHRAGA?

Bila Anda kebetulan sedang sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, coba ikuti kiat berikut ini sebagai penggantinya.

  • Pasanglah musik lalu berdansalah mengikuti irama. Semakin cepat, semakin baik. Selain membantu meningkatkan mood, gerakan dansa juga membantu membakar kalori.
  • Ketika sedang di kantor, usahakan memilih naik tangga daripada lift karena selain membakar kalori juga bermanfaat untuk membentuk otot betis dan paha. Tapi jangan lakukan terlalu berlebihan sebab menurut beberapa penelitian di Amerika, terlalu banyak naik turun tangga, terutama pada wanita yang kelebihan berat badan, bisa memicu rematik pada persendian lutut dan persendian kaki lainnya.
  • Seusai makan siang, usahakan untuk berjalan kaki kembali ke kantor untuk membakar kalori dari makanan yang baru dikonsumsi.
  • Manfaatkan waktu senggang Anda, misalnya dengan berjalan-jalan di dalam rumah, berkebun, maupun membereskan rumah. Semua itu bisa menjadi kegiatan untuk membakar kalori.
  • Umumnya seseorang malas berolahraga karena bosan. Karena itu, coba gabungkan olahraga dengan rekreasi atau dengan kegiatan lain yang menyenangkan misalnya window shopping di mal selama 2 jam tanpa diikuti kegiatan jajan. Atau bisa juga melakukan olahraga yang sedang trendy seperti bowling atau bermain bilyar di kafe sambil ”bergaul” dengan relasi atau bersantai bersama pasangan.

Artikel Lainnya

AGAR SI KECIL MUDAH TIDUR MALAM

Malam semakin larut, tapi balita Anda belum kunjung tidur? Padahal anak yang kurang tidur bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman. Coba cara berikut agar si kecil cepat tidur: Setelah si kecil selesai makan malam, mandikan atau seka dengan air hangat lalu pakaikan piyama kesayangannya agar tidur lebih nyaman. Lakukan rutinitas pengantar tidur seperti membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau...

Selengkapnya

10 Fakta Seputar Alergi

Gejala alergi memang sulit dihindari, gatal-gatal, bersin sampai kulit merah dan bibir bengkak cuma sebagian kecil dari gejala alergi. Ada yang disebabkan oleh debu, makanan atau karena jenis obat tertentu. Bahkan tak jarang ada gangguan-gangguan fisik lain, yang tanpa Anda sadari merupakan reaksi dari alergi terhadap bahan atau unsur tertentu. Apalagi saat ini tiap tahun banyak bermunculan unsur kimia baru. Suka atau tidak, tubuh kita harus beradaptasi dan terkadang muncul reaksi dalam...

Selengkapnya

MITOS - MITOS DALAM OLAHRAGA

Dengan berolah raga kita berharap mendapatkan badan bugar, jiwa sehat dan energi bertambah. Namun jangan sampai terkena ‘jebakan’ mitos-mitos yang beredar seputar olahraga. Citra-26 tahun mengeluh “Saya fitness tiga kali seminggu dan aerobic dua kali seminggu, namun jarum timbangan tak kunjung bergerak turun,begitu juga lingkar pinggang yang tidak kunjung mengecil !” Mungkin Anda pernah mengalami hal ini juga. Diet & olahragapun sudah dilakukan sesuai...

Selengkapnya