SEHAT NIKMAT

HINDARI HIPERTENSI DENGAN AIR PUTIH

Hipertensi seringkali terjadi saat tubuh mendeteksi adanya pengurangan volume darah. Nah, karena darah lebih dari 83% terdiri atas air, maka penyebab umum terjadinya penurunan volume darah adalah dehidrasi, atau kekurangan cairan tubuh.

Sebagai reaksi dari penurunan volume darah, tubuh kita akan mengarahkan sebagian besar aliran darah ke organ-organ yang aktif dan menutup suplai darah ke area yang kurang penting. Penyesuaian tubuh ini akan menyebabkan terjadinya hipertensi disepanjang sistem sirkulasi darah.

Untuk itu, agar terhindar dari hipertensi sebaiknya kita cukup asupan air setiap hari. Kira-kira 8 gelas sehari, atau sekitar 2 liter adalah takaran standar konsumsi air putih yang dianjurkan. Atau jika Anda mendapati urine Anda mulai berwarna kuning agak pekat, segeralah konsumsi air putih sewajarnya.

 

Artikel Lainnya

TANGKAL KANKER DENGAN SAYURAN

Jangan pandang sebelah mata sayuran karena ternyata sayuran mempunyai manfaat untuk menghambat kanker. Berbagai riset menunjukkan buah dan sayuran selain sarat vitamin dan mineral juga mengandung zat non-gizi yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain serat dan phytokimia. Phytokimia merupakan antioksidan ampuh yang dapat menetralkan racun obat dan zat karsinogen dengan jalan; menetralkan radikal bebas, menghambat enzim yang mengaktifkan karsinogen, sekaligus merangsang enzim yang...

Selengkapnya