KELUARGA SEHAT

KIAT ATASI STRESS

 

Cara mudah menghindari stress

Salah satu penyebab stress adalah adanya perasaan seakan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan apapun. Untuk menghindari stress, coba cara mudah dan praktis berikut ini :

  1. Lakukan secara teratur menarik napas dan menghirup udara segar, disela waktu sibuk Anda sehari-hari.
  2. Prioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak (important and urgent). Jangan tunda hal penting sampai menjadi ‘ancaman’ dalam hidup Anda.
  3. Simpan barang-barang penting Anda dengan rapi. Begitu pula atur barang-barang yang sering Anda pergunakan di tempat yang berada dalam jangkauan tangan. Seringkali kita membuang banyak waktu hanya untuk menemukan barang yang hanya dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu sebentar.
  4. Manfaatkan waktu makan siang Anda untuk sejenak menghirup udara segar. Cobalah keluar ruangan atau keluar kantor sejenak, toh pekerjaan itu tidak akan kabur kemana-mana.
  5. Rawat ruang kerja Anda, luangkan waktu untuk menyortir perlengkapan yang tidak lagi dibutuhkan agar ruangan tetap rapi dan teratur. Ruangan yang jorok dan tidak teratur dapat membuat pikiran makin suntuk.
  6. Cukup tidur. Ternyata stress dan insomnia saling berkaitan. Usahakan bersantai di akhir aktifitas dan melupakan segala tetek-bengek.
  7. Hindari hal-hal kecil yang membuat Anda tertekan, misalnya bunyi-bunyian yang mengganggu dan hal mengganggu kecil lain yang tidak perlu menjadi hal yang besar.

Artikel Lainnya

TIDAK SEMPAT OLAHRAGA?

Bila Anda kebetulan sedang sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, coba ikuti kiat berikut ini sebagai penggantinya. Pasanglah musik lalu berdansalah mengikuti irama. Semakin cepat, semakin baik. Selain membantu meningkatkan mood, gerakan dansa juga membantu membakar kalori. Ketika sedang di kantor, usahakan memilih naik tangga daripada lift karena selain membakar kalori juga bermanfaat untuk membentuk otot betis dan paha. Tapi jangan lakukan terlalu...

Selengkapnya

AGAR SI KECIL MUDAH TIDUR MALAM

Malam semakin larut, tapi balita Anda belum kunjung tidur? Padahal anak yang kurang tidur bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman. Coba cara berikut agar si kecil cepat tidur: Setelah si kecil selesai makan malam, mandikan atau seka dengan air hangat lalu pakaikan piyama kesayangannya agar tidur lebih nyaman. Lakukan rutinitas pengantar tidur seperti membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau...

Selengkapnya

10 Fakta Seputar Alergi

Gejala alergi memang sulit dihindari, gatal-gatal, bersin sampai kulit merah dan bibir bengkak cuma sebagian kecil dari gejala alergi. Ada yang disebabkan oleh debu, makanan atau karena jenis obat tertentu. Bahkan tak jarang ada gangguan-gangguan fisik lain, yang tanpa Anda sadari merupakan reaksi dari alergi terhadap bahan atau unsur tertentu. Apalagi saat ini tiap tahun banyak bermunculan unsur kimia baru. Suka atau tidak, tubuh kita harus beradaptasi dan terkadang muncul reaksi dalam...

Selengkapnya