SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Tips Mengatasi Sakit Maag

Ilustrasi sakit perut (via: pixabay)

Lambung merupakan organ pencernaan yang berfungsi menerima makanan/minuman, menggiling, mencampur, dan meneruskan makanan ke dalam usus kecil. Lambung dilindungi oleh lapisan mukus dan barier terhadap faktor-faktor yang dapat mengiritasi. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan mukus sehingga dapat terjadi sakit maag atau tukak lambung. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • kebiasaan makan yang sering terlambat/tidak teratur
  • makanan yang mengiritasi (pedas dan asam)
  • infeksi kuman Helicobacter pylori
  • penggunaan obat-obatan anti inflamasi non steroid
  • stress/kelelahan
  • minuman yang mengiritasi (minuman bersoda, kopi, asam)

Keluhan yang ditimbulkan pada saat sakit maag adalah timbul rasa tidak nyaman pada saluran cerna seperti mual, muntah, kembung, nyeri ulu hati, sendawa, rasa terbakar, rasa penuh di ulu hati, dan cepat merasa kenyang. Keluhan dapat disertai dengan mual/muntah, diare, dan sakit kepala.

Berikut tips yang harus dilakukan pada saat mengalami sakit maag:

  1. Istirahat
    Untuk menyembuhkan sakit maag, kita harus banyak beristirahat. Kesibukan, stress, dan tekanan memegang peranan dalam peningkatan asam lambung dan penyakit maag.
  2. Mengatur pola makan
    • Makanlah secara teratur, jangan terlambat makan.
    • Makanan lunak apalagi bubur saring, atau makanan yang mengandung susu tidak lebih baik daripada makanan biasa, karena makanan halus dapat merangsang pengeluaran asam lambung.
    • Cabe, makanan pedas, dan makanan asam dapat menimbulkan rasa sakit, sehingga sebaiknya dihindari.
    • Air jeruk yang asam, minuman bersoda, bir, kopi, dan teh tidak merusak mukosa lambung tetapi dapat menambah produksi asam lambung, sehingga sebaiknya dihindari.
  3. Jangan merokok
    Merokok tidak berpengaruh dalam sekresi asam lambung, namun merokok memperlambat penyembuhan luka tukak lambung yang kronis, menambah keasaman, dan meningkatkan resiko kekambuhan sakit maag.
  4. Hati-hati jika anda mengkonsumsi obat-obatan anti inflamasi non steroid (OAINS)
    OAINS yang banyak digunakan untuk mengatasi radang dan mengurangi nyeri sebaiknya dihindari. Karena bersifat asam dan menurunkan prostaglandin Prostaglandin berperan penting melindungi mukosa lambung. Dengan menurunnya prostaglandin, mukosa lambung akan mudah teriritasi. Pemberian OAINS secara suntikan tidak terbukti lebih aman.
  5. Minumlah obat maag
    Yang paling sering dipergunakan adalah golongan antasida.
  6. Bila sakit tak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi obat maag, muntah-muntah hebat sehingga tidak bisa makan makanan apapun, diare/BAB berwarna kehitaman, sesak napas, atau tiba2 tersedak/kerongkongan terasa panas ketika anda berada dalam posisi berbaring/tidur, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Lainnya

Cegah Pembesaran Prostat Sedini Mungkin

Pembesaran prostat (hiperplasia prostat benigna) adalah penyakit yang cukup sering dijumpai pada pria yang berusia diatas 50 tahun. Angka kejadian pembesaran prostat cukup tinggi. Pembesaran prostat merupakan kasus terbanyak di bagian bedah urologi. Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak di bawah kandung kemih. Fungsinya adalah menghasilkan cairan sebagai media sperma saat ejakulasi. Gangguan prostat biasanya terjadi jika prostat mengalami pembesaran yang mengakibatkan penekanan...

Selengkapnya

Flek pada Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan bersih adalah idaman setiap orang. Alasan inilah yang membuat banyak orang (khususnya kaum wanita) rela mengeluarkan biaya mahal untuk merawat kulit supaya selalu terlihat cerah dan cantik. Salah satu permasalahan yang kerap membuat orang datang ke pusat perawatan kulit adalah karena flek pada kulit. Flek pada kulit (melasma) adalah penumpukan pigmen pemberi warna kulit...

Selengkapnya

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menjaga kebersihan bau mulut merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan kita tetap baik. Tentunya kita tak ingin orang lain menjauhi kita atau merasa tidak nyaman karena bau mulut kita yang tidak sedap. Penyebab utama bau mulut adalah sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan itu kemudian akan menjadi tempat bersarangnya kuman. Efek jangka panjangnya, akan terbentuk karang gigi dan lubang pada gigi. Oleh karena itu, kita harus selalu menggosok gigi...

Selengkapnya