INVESTASI SEHAT

Perlukah Anda Mencuci Pakaian Baru Sebelum Anda Menggunakannya?

Ketika membeli pakaian baru, ada tipe orang yang mencopot label harganya kemudian langsung mengenakannya, namun ada tipe orang yang mencucinya terlebih dahulu sebelum mengenakannya. Tipe yang manakah Anda? Manakah yang benar menurut Anda? Perlukah mencuci baju baru sebelum memakainya? Sebagian orang mengatakan ya, sebagian lagi mengatakan tidak perlu.

 

Lindsey Bordone, M.D., seorang pakar dermatologi dari Columbia University Medical Center menjelaskan alasan mengapa kita sebaiknya mencuci pakaian baru sebelum kita mengenakannya.

Dr. Lindsey menjelaskan bahwa beberapa produsen menyemprotkan zat pengawet pada pakaian-pakaian tersebut untuk mencegah tumbuhnya jamur pada saat didistribusikan. Pengawet yang paling sering digunakan adalah resin formaldehid yang berfungsi mencegah pakaian berkerut dan mencegah tumbuhnya jamur.

Zat kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit (eksim) pada kulit yang sensitif. Dua reaksi terbanyak adalah dermatitis kontak alergik dan dermatitis kontak iritan. Selain itu, zat pewarna pakaian juga dapat mengiritasi kulit pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Coba kita renungkan, dimulai dari pada saat pakaian tersebut diproduksi, didistribusikan, dan kemudian dijual di toko, ada berapa banyak tangan yang telah memegangnya. Dan kita tidak tahu pasti apakah tangan-tangan tersebut benar-benar bersih atau tidak.

Penyakit kulit yang lain seperti scabies (kutu mikroskopis yang dapat menginfeksi kulit) juga dapat menular melalui pakaian apabila pakaian tersebut sebelum Anda beli di toko telah dicoba oleh seseorang yang yang terinfeksi.

Oleh karena itu, sebaiknya cucilah terlebih dahulu pakaian baru Anda sebelum mengenakannya untuk mencegah tertular penyakit kulit dan munculnya ruam alergi.

 

Artikel Lainnya

Aktifitas Fisik Berperan dalam Mengendalikan Kadar Gula Darah

Diabetes melitus merupakan masalah kesehatan yang komplek di seluruh dunia. Jumlah penderitanya semakin meningkat, dan penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan. Untuk mengendalikannya, selain membutuhkan peran dokter untuk menentukan pengobatan, diperlukan pula tanggung jawab masing-masing penderita diabetes untuk pengelolaan diabetes sehari-hari, yaitu menjaga pola makan dan melakukan aktifitas fisik.   Aktivitas fisik, termasuk kegiatan sehari-hari seperti...

Selengkapnya

Paparan Cahaya Smartphone Dapat Mengganggu Tidur Anda

Anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Tidur Anda tidak nyenyak? Apakah setiap malam sebelum tidur Anda terbiasa menatap layar komputer atau smartphone Anda, entah untuk chatting, browsing, membaca artikel, melihat sosial media, atau bermain game? Jika YA, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa sinar dari layar perangkat elektronik modern seperti TV, komputer, smartphone, dan video games dapat menyebabkan gangguan tidur. Sinar biru...

Selengkapnya

Wajib Dibaca Bagi Anda yang Sering Menggunakan Komputer

Anda gemar bermain komputer? Atau pekerjaan anda sehari-hari menggunakan komputer? Hal ini dapat membuat anda mengalami Computer Vision Syndrome. Computer Vison Syndrome atau sering disebut dengan Digital Eye Strain merupakan sekumpulan gangguan pada mata yang timbul akibat penggunaan komputer, tablet, dan handphone dalam waktu lama. Gejala yang dapat muncul pada Computer Vision Syndrome:   Mata lelah Sakit kepala Pandangan kabur Mata kering Rasa ...

Selengkapnya