INVESTASI SEHAT

Aktifitas Fisik Berperan dalam Mengendalikan Kadar Gula Darah

Diabetes melitus merupakan masalah kesehatan yang komplek di seluruh dunia. Jumlah penderitanya semakin meningkat, dan penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan. Untuk mengendalikannya, selain membutuhkan peran dokter untuk menentukan pengobatan, diperlukan pula tanggung jawab masing-masing penderita diabetes untuk pengelolaan diabetes sehari-hari, yaitu menjaga pola makan dan melakukan aktifitas fisik.

 

Aktivitas fisik, termasuk kegiatan sehari-hari seperti misalnya: bangun tidur, memasak, berpakaian, mencuci, bekerja, tanpa disadari berperan dalam pengelolaan penyakit diabetes melitus.

Anjuran untuk melakukan kegiatan fisik bagi penderita diabetes telah dilakukan sejak seabad yang lalu oleh seorang dokter dari dinasti Sui di Cina. Dikatakan bahwa kegiatan fisik akan mengurangi resiko kejadian gangguan kardiovaskuler dan meningkatkan harapan hidup pada penderita diabetes. Aktivitas itu antara lain:

 

1.      Olahraga / latihan jasmani

Prinsip latihan jasmani bagi penderita diabetes persis sama dengan prinsip latihan jasmani secara umum, yaitu memenuhi beberapa hal, seperti: frekuensi, intensitas, durasi, dan jenis.

  • Frekuensi   : olahraga sebaiknya dilakukan secara teratur 3-5 kali per minggu
  • Intensitas   : ringan dan sedang
  • Durasi                    : 30-60 menit
  • Jenis                      : latihan jasmani endurans (aerobik) untuk meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru seperti jalan, jogging, berenang, dan bersepeda.

 

2.      Aktivitas fisik sehari-hari

Dengan terbiasa melakukan aktivitas fisik sehari-hari, kadar gula dalam darah dapat terkontrol. Misalnya: lebih memilih berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan bermotor, atau memilih naik melalui tangga daripada menggunakan lift.

 

Di masa sekarang, dimana teknologi kian berkembang sehingga aktifitas fisik menjadi berkurang, perlu dibuat suatu jadwal kegiatan fisik yang terrencana dengan baik dan teratur bagi penderita diabetes. Hindari kegiatan bermalas-malasan, contohnya: menonton televisi dalam waktu lama, bermain game komputer, bermain handphone, internet, dan lain sebagainya.

 

Artikel Lainnya

Paparan Cahaya Smartphone Dapat Mengganggu Tidur Anda

Anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Tidur Anda tidak nyenyak? Apakah setiap malam sebelum tidur Anda terbiasa menatap layar komputer atau smartphone Anda, entah untuk chatting, browsing, membaca artikel, melihat sosial media, atau bermain game? Jika YA, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa sinar dari layar perangkat elektronik modern seperti TV, komputer, smartphone, dan video games dapat menyebabkan gangguan tidur. Sinar biru...

Selengkapnya

Wajib Dibaca Bagi Anda yang Sering Menggunakan Komputer

Anda gemar bermain komputer? Atau pekerjaan anda sehari-hari menggunakan komputer? Hal ini dapat membuat anda mengalami Computer Vision Syndrome. Computer Vison Syndrome atau sering disebut dengan Digital Eye Strain merupakan sekumpulan gangguan pada mata yang timbul akibat penggunaan komputer, tablet, dan handphone dalam waktu lama. Gejala yang dapat muncul pada Computer Vision Syndrome:   Mata lelah Sakit kepala Pandangan kabur Mata kering Rasa ...

Selengkapnya

Cegah Diabetes Sedini Mungkin

Penyakit diabetes atau kencing manis merupakan penyakit dapat mengakibatkan banyak komplikasi yang berbahaya. Selain itu angka kejadian penyakit diabetes semakin meningkat, hal ini membuat penyakit diabetes menjadi penyakit yang tidak dapat dianggap remeh. Penyebab utama timbulnya penyakit diabetes adalah faktor life style atau gaya hidup yang salah. Kebiasaan jarang berolahraga dan gemar mengkonsumsi makanan cepat saji atau karbohidrat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan diabetes. Lalu...

Selengkapnya