KELUARGA SEHAT

Begadang Jangan Begadang

Siapa yang tak kenal lagu itu? Lagu dangdut lama yang top pada masanya. Lagu itu menghimbau masyarakat untuk tidak membiasakan diri tidur larut malam. Seringkali kita terbiasa begadang, dikarenakan kesibukan kerja yang tinggi, menonton siaran televisi, nongkrong bersama teman, atau berkumpul dengan keluarga. Begadang seakan-akan sudah menjadi gaya hidup walaupun keesokan harinya harus tetap bangun pagi untuk kembali bekerja dan beraktivitas. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahaya kurang tidur. Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam. Tidur kurang dari itu dapat merusak kesehatan kita.

Berikut ini adalah dampak dari kurang tidur:

  • Meningkatkan resiko terjadinya stroke
    Penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama Birmingham menunjukkan adanya peningkatan resiko terjadinya stroke pada orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari.
  • Obesitas
    Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon pengontrol nafsu makan. Membuat orang jadi cepat lapar dan banyak makan.
  • Meningkatkan resiko terjadinya diabetes
    Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam sehari dapat mempengaruhi pengaturan kadar gukosa dalam tubuh dan meningkatkan resiko terjadinya diabetes tipe 2.
  • Mudah lupa
    Kurang tidur sangat berpengaruh terhadap fungsi kognitif. Konsentrasi akan menurun, respon tindakan akan melambat, kesulitan dalam mengingat, dan kemampuan belajar akan menurun.
  • Osteoporosis
    Penelitian menunjukkan adanya pengaruh kurang tidur terhadap metabolisme tulang, sehingga mempercepat proses terjadinya osteoporosis.
  • Kanker
    Journal Cancer Research di US menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengacaukan produksi hormon melatonin. Sehingga penyakit kanker menyebar 2-3 kali lebih cepat.
  • Penyakit jantung
    Kurang tidur menrupakan faktor resiko terjadinya penyakit jantung kronis.
  • Mood tidak stabil
  • Mata bengkak dan ada bayangan hitam pada mata
  • Meningatkan resiko terjadinya depresi
  • Daya tahan tubuh menurun
    Kelelahan fisik dan kurang istirahat dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita sehingga memudahkan terserang penyakit.

Artikel Lainnya

Cara Membuang Obat yang Benar

Memiliki persediaan obat di rumah merupakan tindakan yang baik sebagai persiapan untuk memudahkan kita mencari obat ketika sakit. Namun adakalanya obat yang kita miliki tersimpan cukup lama di kotak obat atau tempat penyimpanan lainnya. Untuk itulah kita juga harus memeriksa kondisi obat-obatan yang disimpan, dan membuang obat yang sudah kadaluwarsa atau yang sudah tidak terpakai lagi Banyak dijumpai masyarakat membuang obat dengan cara langsung memasukkannya ke dalam tempat sampah....

Selengkapnya

Pertolongan pertama pada korban keracunan

Pertolongan pertama pada korban keracunan Produk kimia rumah tangga banyak yang mengandung pestisida yang berbahaya bagi manusia seperti misalnya cairan anti serangga, racun tikus, racun kutu dll. Bila sampai terjadi keracunan, di bawah ini adalah beberapa cara pertolongan pertama yang direkomendasikan oleh Sentra Informasi Keracunan Nasional : Bila terkena mata : aliri mata yang terkena racun dengan air yang mengalir selama 30 menit. Apabila gejala iritasi masih ada, segera...

Selengkapnya

KIAT ATASI STRESS

  Cara mudah menghindari stress Salah satu penyebab stress adalah adanya perasaan seakan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan apapun. Untuk menghindari stress, coba cara mudah dan praktis berikut ini : Lakukan secara teratur menarik napas dan menghirup udara segar, disela waktu sibuk Anda sehari-hari. Prioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak (important and urgent). Jangan tunda hal penting sampai menjadi ‘ancaman’ dalam hidup Anda. Simpan...

Selengkapnya