TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum

13 August 2021

Sukoharjo, 26 Juli 2021, Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani SE, MM bersama Wakil Bupati Sukoharjo Drs. H. Agus Santosa, Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo dan didampingi oleh CEO Konimex Group Rachmadi Joesoef, Chief Strategy Officer Konimex Group Edward Setiawan Joesoef, Chief of Medical Halodoc dr. Irwan Heriyanto, MARS, dan Business & Marketing Director The Park Mall Solo Baru Danny Johannes melakukan kunjungan di hari pertama pelayanan vaksinasi COVID-19 yang digagas Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dengan Konimex. Berlokasi di The Park Mall Solo Baru, sentra vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan perlindungan tambahan bagi ribuan masyarakat Kab. Sukoharjo di tengah meningkatnya kasus positif COVID-19 di berbagai wilayah. Dimulai pada Senin (26/07), kegiatan vaksinasi COVID-19 dosis satu akan direncanakan untuk berjalan selama beberapa hari ke depan. Dan interval 28 hari untuk penyuntikan dosis kedua. Adapun target peserta penerima vaksinasi Covid-19 yang dapat mendaftarkan diri melalui Aplikasi Halodoc adalah masyarakat umum yang berusia minimal 18 tahun pemegang KTP Sukoharjo.

Etik Suryani mengungkapkan apresiasinya terhadap pihak-pihak yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sukoharjo. “Saat ini pemerintah Kabupaten Sukoharjo masih terus bekerja keras untuk meningkatkan cakupan vaksinasi yang saat ini masih berada di angka 13,95 % atau 100.415 penduduk. Oleh karena itu upaya kami untuk terus melakukan percepatan vaksinasi bahkan di situasi PPKM Darurat ini tidak pernah surut demi memastikan masyarakat mendapatkan akses vaksin sebagai bagian dari upaya menurunkan kasus COVID-19. Oleh karena itu, saya berterima kasih pada Konimex, Halodoc, dan The Park Mall telah membantu memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi hari ini.”

Kedepannya Etik Suryani berharap dukungan dari berbagai pihak dan selalu berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan serta Pemprov Jateng agar kuota vaksin Covid-19 di Sukoharjo ditambah sehingga mencapai target dari Kemenkes sebesar 719.754 penduduk tervaksin.

Dukungan yang sangat besar dari Konimex Group yang merupakan perusahaan asli Sukoharjo berharap dapat terus memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia pada percepatan program Vaksinasi Covid-19. “Kabupaten Sukoharjo memiliki tempat spesial bagi perjalanan Konimex Group selama 54 tahun. Selaras dengan komitmen kami dalam menyehatkan semua orang, penyelenggaraan vaksinasi ini adalah bentuk kontribusi kami dalam mempercepat penyelesaian pandemi di Indonesia,” sebut Chief Strategy Officer Konimex Group Edward Setiawan Joesoef.

Menjadi lokasi vaksinasi COVID-19 bukan lah kali pertama bagi The Park Mall. “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan juga pihak-pihak lain yang telah memberikan kepercayaan dan tanggung jawab pada The Park Mall Solo Baru untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Tentunya kami berharap dengan percepatan vaksinasi ini dapat turut mempercepat selesainya PPKM Darurat dan pemulihan ekonomi,” kata Business & Marketing Director The Park Mall Solo Baru Danny Johannes.

Walaupun terdapat penyesuaian dalam proses pendaftaran melalui aplikasi Halodoc, animo masyarakat tetap tinggi. Terbukti bahwa selang beberapa jam pendaftaran dibuka, slot jadwal vaksinasi telah penuh hingga 7 hari kedepan. Antusiasme warga Sukoharjo terhadap vaksinasi Covid-19 ini dapat dikatakan sebagai dukungan serta tanggung jawab moral masyarakat terhadap lingkungan sekitar demi terciptanya kekebalan kelompok. Diharapkan program ini juga dapat mendukung PPKM Darurat dengan kebut vaksinasi sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

dr. Irwan Heriyanto, MARS selaku Chief of Medical Halodoc juga menyampaikan bahwa sebagai mitra resmi pertama dari Kemenkes RI untuk vaksinasi massal, Halodoc akan terus berkomitmen untuk memperluas fasilitasi vaksinasi COVID-19 yang kini telah membantu lebih dari 250.000 masyarakat mendapatkan akses pada vaksin ini. Selain itu, dr. Irwan turut memberikan beberapa rekomendasi bagi warga Sukoharjo yang baru saja menerima vaksin dosis pertama, diantaranya:

  1. Gejala pasca vaksinasi sangat mungkin terjadi dan membuat tubuh mengeluarkan reaksi ringan seperti pusing, demam, nyeri di area suntik, atau mual. Hal ini sangat wajar terjadi, jika warga mengalami hal ini setelah observasi selesai, pastikan langsung mengkonsumsi Paracetamol dan gejala akan membaik dengan sendirinya. Namun jika ada warga yang merasa gejala sudah berkepanjangan atau intensitas nyerinya terus bertambah padahal sudah mengkonsumsi obat, kontak PIC vaksinasi yang tertera di kartu vaksin atau gunakan layanan telemedisin dari rumah.
  2. Ikuti protocol selama masa PPKM Darurat termasuk menghindari aktivitas di luar rumah untuk beberapa hari kedepan. Jika memungkinkan, lakukan kerja dari rumah (Work from Home) agar kemungkinan transmisi virus COVID-19 lebih rendah saat tubuh masih dalam tahap penyesuaian dengan vaksin.
  3. Banyak istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Konsumsi air kelapa hijau murni juga dapat membantu memperkuat imun tubuh.

“Meski telah divaksin, tidak menjadikan tubuh kebal COVID-19. Untuk itu, tetap patuhi protokol kesehatan 5M seperti menggunakan masker double, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tutup Etik Suryani.

        

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Gandeng Konimex Untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 Bagi Kategori Masyarakat Umum

Artikel Lainnya

Sokong Percepatan Vaksinasi, Konimex Gandeng Halodoc

20 July 2021

Sebagai salah satu perusahaan consumer goods terkemuka di Indonesia, Konimex menjadi salah satu penyokong program vaksinasi massal di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, 5-15 Juli 2021 yang dibuka Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Konimex yang berkolaborasi dengan Halodoc berkomitmen mendukung dana operasional guna turut serta menyehatkan bangsa melalui percepatan vaksinasi nasional. Group CEO, Rachmadi Joesoef menjelaskan, Solo menjadi salah satu daerah yang dipilih, selain Jakarta,...

Selengkapnya

Konimex Berkolaborasi dengan Halodoc Membuka Vaksinasi Drive-Thru

29 June 2021

Vaksinasi masal Covid 19 diyakini sebagai harapan baru dalam rangka penangan pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Mengutip dari situs Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI., Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), menyatakan bahwa Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dapat bekerja sama dengan lembaga, Pemerintah Daerah provinsi,...

Selengkapnya

Peduli Penanggulangan Covid-19

16 July 2020

Sebagai dukungan penanggulangan Covid-19, PT Konimex melalui program CSR memberikan bantuan kepada Desa Sanggrahan-Sukoharjo, Pemkot Surakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Selengkapnya