SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Batuk

Batuk sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.


Batuk bisa dikategorikan menjadi batuk akut (kurang dari 3 minggu), sub akut (3-8minggu) dan kronis (lebih dari 8 minggu). Dari jenisnya batuk bisa kering ataupun berdahak. Batuk yang sering dan parah biasanya mengindikasikan adanya suatu penyakit tertentu.


Penggunaan obat bisa meringankan gejala batuk. Seperti Dextrometorfan yang efektif untuk menekan batuk. Jika batuk disertai dahak, penggunaan Ekspectoran seperti Guaifenesin akan sangat membantu.

Obat : Kalibex, OBH Sase, Siladex Cough & Cold, Siladex Antitussive, Siladex Mucolytic & Expectorant, Konidin

Artikel Lainnya

Pusing

Ilustrasi pusing (via: pixabay)   Berdasarkan gejala, pusing bisa dibedakan menjadi dua. Pertama, penderita merasa benda sekelilingnya berputar-putar dan yang kedua penderita merasa seperti berjalan di atas awan (terasa melayang) dan tidak stabil. Pusing bisa diakibatkan adanya gangguan pada organ pengatur keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam, bisa juga karena gangguan pada otak akibat...

Selengkapnya

Sakit Kepala

    Sakit kepala berbeda dengan pusing. Jenis sakit kepala yang paling banyak dijumpai antara lain: Sakit Kepala yang disebabkan oleh ketegangan. Ini terjadi karena adanya ketegangan otot sekitar kepala dan tengkuk yang berkontraksi secara terus menerus sehingga saraf menjadi tegang. Migrain atau lebih dikenal dengan sakit kepala sebelah. Para ahli memperkirakan migrain terjadi akibat...

Selengkapnya