SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Diabetes dan Penyakit Kulit

 

Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang sederhana. Apabila gula darah kita tidak terkontrol, akan berdampak pada munculnya berbagai penyakit lain yang menyertainya. Salah satunya adalah penyakit kulit seperti berikut:

  • Scleredema diabeticorum
    Menebalnya kulit belakang leher dan punggung atas.

  • Vitiligo
    rusaknya pigmen kulit yang menyebabkan munculnya bercak pada kulit.

  • Akantosis nigrikans
    Penggelapan pada area-area lipatan kulit. Kulit menjadi kecoklatan dan terkadang tampak seperti kutil. Biasa terjadi di belakang leher, ketiak, pangkal paha dan bawah dada.
    Biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas parah dan mendahului diabetes.

  • Nekrobiosis lipoidika diabetikorum
    Penipisan kulit yang disebabkan karena terjadi perubahan kolagen dan lemak di dalam kulit. Kebanyakan terjadi di bawah kaki. Kulit jadi memerah dan mudah luka.

  • Dermopati diabetes
    Tampak sebagai area yang tebal dan mengkilap pada kulit sekitar tulang kering.

  • Digital sclerosis
    Kulit jari kaki dan tangan mengeras dan menebal. Persendian jari menjadi kaku.

  • Eruptive xanthomatosis
    Terjadi akibat peradangan pankreas pada penderita diabetes dengan resistensi insulin. Gejalanya adalah benjolan pada kulit, berwarna kuning kemerahan. Biasanya terjadi di wajah, pantat, belakang lengan, dan kaki.

  • Diabetic blisters
    Telapak tangan dan jari kaki melepuh, tidak nyeri, dan sembuh sendiri.

  • Dissminated granuloma annulare
    Ruam/kemerahan pada jari, telinga, dada, atau perut.

  • Infeksi bakteri
    Biasanya disebabkan oleh baktero staphilococcus. Terjadi peradangan pada tempat tumbuhnya rambut, kelopak mata, dan kuku.

  • Infeksi jamur
    Biasa disebabkan oleh jenis jamur Candida.

Oleh karena itu, kontrol asupan gula dengan mengganti gula Anda dengan Diasweet.

Artikel Lainnya

Mengenali Migrain

Migrain atau sering disebut sebagai sakit kepala sebelah adalah sakit kepala berdenyut yang disertai nyeri yang menyerang satu sisi kepala. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Serangan migrain biasanya dipicu oleh berbagai rangsangan seperti kelelahan, cahaya, alkohol, faktor emosi, atau wewangian. Nyeri pada migrain akan bertambah apabila tetap melakukan kegiatan, misal berjalan atau naik tangga. Migrain...

Selengkapnya

Tetap Sehat dan Aktif di Usia Senja

Ilustrasi orang bersepeda (via: pixabay) Sebagian besar masyarakat ternyata tidak sadar akan pentingnya investasi kesehatan untuk masa tuanya. Padahal, asupan multivitamin dan mineral yang seimbang sangat bermanfaat untuk menjaga kinerja tubuh tetap baik. Seiring pertambahan usia, proses penuaan merupakan proses alami yang akan dialami oleh semua orang. Tubuh mengalami penurunan fungsi dan perubahan...

Selengkapnya

Anemia Defisiensi Besi

Anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah hemoglobin dalam darah menurun (<12 g/dl). Penyebabnya ada bermacam-macam. Dapat disebabkan karena perdarahan, penyakit kronis, infeksi cacing, defisiensi (kekurangan) zat besi, vitamin B6, B12, maupun karena defisiensi asam folat. Anemia defisiensi besi adalah jenis yang paling umum. Gejala anemia defisiensi besi Gejala umum dari anemia defisiensi besi adalah: Badan lemah Lesu Cepat lelah Mata berkunang-kunang ...

Selengkapnya