SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Kebiasaan Kurang Tidur dapat Meningkatkan Resiko Terjadinya Diabetes

Kebiasaan begadang sampai larut malam sehingga hanya menyisakan waktu tidur di bawah waktu tidur normal yang minimal 6 jam dapat membawa dampak negatif bagi tubuh kita, termasuk berpengaruh juga terhadap kadar gula darah.

Diabetes dan gangguan tidur saling memiliki keterkaitan. Ketika gula darah mencapai angka yang tinggi, ginjal berusaha membuangnya melalui peningkatan produksi urin, yang berakibat pasien jadi sering terbangun pada malam hari karena merasakan ingin buang air kecil berkali-kali dalam semalam, sehingga tidurnya tidak nyenyak.

Di sisi lain, kebiasaan kurang tidur akan membuat orang mudah lelah dan memerlukan lebih banyak energi, akibatnya tubuh akan merasakan keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang memberikan energi instan, yang biasanya mengandung gula dan dapat langsung meningkatkan kadar gula darah.

Orang-orang yang kekurangan jam tidur biasanya akan sangat mudah mengalami kenaikan berat badan yang akhirnya menuntun pada terjadinya diabetes. Pada mereka yang sudah mengalami kondisi kelebihan berat badan, tidak jarang tidur juga akan terganggu karena adanya kondisi sleep apnea atau kondisi mendengkur nyaring serta terhentinya napas saat sedang tidur.

Penelitian Sleep Heart Health Study mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam sehari memiliki 2,5 kali resiko mengidap diabetes dibandingkan dengan orang-orang yang tidur selama 7-8 jam sehari. Reaksi tubuh pada saat kekurangan waktu tidur dapat menyerupai reaksi resistensi terhadap insulin, yang merupakan gejala awal diabetes. Insulin memiliki fungsi untuk membantu tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi, dan saat terjadi resistansi, sel-sel akan mengalami kegagalan menggunakan hormon ini secara efisien, mengakibatkan tingginya kadar gula dalam darah dan lama-kelamaan menyebabkan diabetes. Terlebih lagi, rutinitas tidur yang terganggu dapat membuat tubuh kekurangan energi, kelelahan dan memicu penumpukan gula sebagai asupan energi yang berbahaya.

Tidak ada formula pasti mengenai berapa lama sebaiknya seseorang tidur dan beristirahat total karena kebutuhan masing-masing orang berbeda. Rata-rata waktu normal untuk tidur, diperlukan 7.5 jam per malam untuk tubuh merasa cukup istirahat dan kembali segar untuk beraktivitas saat terbangun. Meski demikian, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor-faktor lainnya. Karena perbedaan ini, mungkin beberapa orang bisa memerlukan tidur lebih dari 8 jam.

Untuk mendeteksi apakah Anda saat ini termasuk kurang tidur, maka Anda dapat mengecek efektivitas penggunaan alarm Anda di pagi hari. Semakin Anda tergantung pada alarm untuk membangunkan Anda, maka semakin tubuh Anda saat ini sedang membutuhkan lebih banyak jam istirahat. Tubuh yang cukup beristirahat dan tidak kurang tidur akan mampu dibangunkan oleh otak bahkan sebelum alarm berbunyi. Selain itu, kurangi konsumsi camilan yang mengandung banyak gula dan kalori, gantikan dengan camilan sehat seperti Diasweet Litebite.

Artikel Lainnya

Tinea Cruris, Penyebab Gatal pada Selangkangan

Tinea cruris adalah infeksi jamur yang muncul pada area selangkangan atau lipat paha. Selangkangan merupakan area yang lembab, sehingga mudah ditumbuhi jamur, apalagi jika kebersihan tubuh kurang terjaga dengan baik. Tinea cruris dapat menyebar ke paha & pantat, tapi jarang menyebar sampai organ kelamin. Gejala yang timbul pada tinea cruris: Rasa gatal atau terbakar pada selangkangan. Rasa gatal ini semakin memburuk pada saat berkeringat. Ruam kemerahan dengan bentuk ...

Selengkapnya

Anda Ingin Awet Muda? Hindari Makanan-makanan Ini

Memiliki wajah dan penampilan yang awet muda merupakan dambaan setiap orang. Banyak orang rela melakukan apapun demi memiliki penampilan yang menarik dan awet muda. Akan tetapi taukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi terlalu sering dapat mempercepat proses penuaan?Makanan apa sajakah itu? Makanan yang mengandung kadar gula tinggi Makanan dengan kadar gula tinggi dapat merusak kolagen, akibatnya kulit menjadi keriput dan tampak tua. Makanan yang...

Selengkapnya

Ketika Si Kecil Susah Makan

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, seorang anak sangat memerlukan gizi yang cukup dari makanan. Kebutuhan gizi yang tak terpenuhi dengan baik, dapat mengakibatkan timbulnya gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Akan tetapi, seringkali para orang tua menghadapi permasalahan anak susah makan. Bahkan kondisi seperti ini terjadi hampir pada semua anak yang berada dalam masa pertumbuhan. Anak-anak cenderung hanya mau memakan makanan yang ia sukai saja, dan tidak tertarik...

Selengkapnya