SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Kurangnya Nutrisi Pada Orang Tua

Proses menua adalah suatu proses menghilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri dan mempertahankan fungsi normalnya yang terjadi secara perlahan-lahan sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita. Ketika memasuki proses menua, terjadi perubahan-perubahan fisiologi tubuh manusia. Salah satunya adalah penurunan asupan mikronutrien ke dalam tubuh. Hal ini terjadi hampir pada seluruh manusia yang telah memasuki usia lanjut, bahkan pada negara yang telah sangat maju. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya resiko penyakit kronik.

Sebagai contoh, vitamin B6 , B12, dan asam folat dibutuhkan untuk mencegah penumpukan homosistein (suatu asam amino yang berhubungan dengan resiko penyakit pembuluh darah). Juga ada hubungan antara rendahnya konsentrasi vitamin B dan menurunnya fungsi kognitif. Beberapa studi menunjukkan bahwa kadar vitamin B yang rendah sering terjadi pada usia lanjut. Selain itu juga diperoleh data rendahnya status biokimia vitamin A dan asam folat.

Data ini terkait dengan rendahnya asupan zat gizi tertentu dalam pola makan sehari-hari. Kekurangan mikronutrien ini semakin parah pada orang tua yang sulit makan, atau kalaupun makan, porsinya hanya sedikit sekali. Hal ini akan menyebabkan kekurangan mikronutrien yang dapat berdampak pada timbulnya penyakit.

Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan orang tua mengalami sulit makan yaitu:

  1. Menurunnya sensitifitas pada rasa dan bau makanan sehingga berimbas pada buruknya selera makan
  2. Penurunan fungsi mengunyah dan adanya kesulitan dalam menelan
  3. Mengalami masalah dalam penyerapan nutrisi
  4. Keterbatasan akses terhadap makanan misalnya tinggal di rumah sendirian
  5. Adanya penyakit-penyakit tertentu yang membuatnya tidak mau makan
  6. Penggunaan obat-obatan yang beragam sehingga mengubah sensasi rasa dan mengurangi selera makan
  7. Adanya masalah sosial dan psikis seperti kesendirian, depresi, takut terhadap kematian, dan demensia

Kondisi seperti ini sering tidak terdeteksi. Dan apabila malnutrisi yang dialami oleh orang tua tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan berbagai dampak seperti:

  1. Terhambatnya proses penyembuhan sehingga semakin lama waktu rawat di rumah sakit
  2. Berkurang atau hilangnya massa otot
  3. Fungsi jantung terganggu
  4. Penurunan daya tahan tubuh
  5. Peningkatan morbiditas dan mortalitas
  6. Mudah mengalami infeksi dan komplikasi
  7. Penurunan kualitas hidup

Untuk itu jika orang tua tidak mau makan atau hanya dalam porsi sedikit sekali, cobalah ketahui apa penyebabnya. Setelah itu berikan ia perawatan sesuai dengan masalah yang mendasari sehingga dampak akibat malnutrisi ini tidak berkelanjutan. Selain itu, berikan suplementasi Renovit Gold yang berisi multivitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh orang lanjut usia untuk mencegah terjadinya kekurangan mikronutrisi.

Artikel Lainnya

Tips Mengatasi Sakit Maag

Ilustrasi sakit perut (via: pixabay) Lambung merupakan organ pencernaan yang berfungsi menerima makanan/minuman, menggiling, mencampur, dan meneruskan makanan ke dalam usus kecil. Lambung dilindungi oleh lapisan mukus dan barier terhadap faktor-faktor yang dapat mengiritasi. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan mukus sehingga dapat terjadi sakit maag atau tukak...

Selengkapnya

Cegah Pembesaran Prostat Sedini Mungkin

Pembesaran prostat (hiperplasia prostat benigna) adalah penyakit yang cukup sering dijumpai pada pria yang berusia diatas 50 tahun. Angka kejadian pembesaran prostat cukup tinggi. Pembesaran prostat merupakan kasus terbanyak di bagian bedah urologi. Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak di bawah kandung kemih. Fungsinya adalah menghasilkan cairan sebagai media sperma saat ejakulasi. Gangguan prostat biasanya terjadi jika prostat mengalami pembesaran yang mengakibatkan penekanan...

Selengkapnya

Flek pada Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan bersih adalah idaman setiap orang. Alasan inilah yang membuat banyak orang (khususnya kaum wanita) rela mengeluarkan biaya mahal untuk merawat kulit supaya selalu terlihat cerah dan cantik. Salah satu permasalahan yang kerap membuat orang datang ke pusat perawatan kulit adalah karena flek pada kulit. Flek pada kulit (melasma) adalah penumpukan pigmen pemberi warna kulit...

Selengkapnya