KELUARGA SEHAT

SEHAT BERKAT SERAT SEHAT

Sudah banyak orang tahu bahwa serat merupakan komponen nutrisi yang sangat penting, terutama untuk menyehatkan pencernaan kita. Tapi sayang, banyak pula dari kita, terutama yang hidup di perkotaan dan memiliki aktivitas tinggi, sulit memenuhi kebutuhan tubuh akan serat. “Boro-boro memenuhi kebutuhan gizi, bisa makan teratur saja sudah untung”, begitu yang kerap diungkapkan orang-orang kota.

Kesibukan kerja, tanggung jawab mencapai target pekerjaan dan hiruk pikuk kehidupan kota besar memang membuat banyak orang tanpa disadari sudah terjebak pada pola hidup tidak sehat. Olahraga tidak sempat, pola makan kacau, akibatnya mereka melahap makanan sekenanya ketika rasa lapar mendera. Pilihan biasanya jatuh pada makanan cepat saji yang kebanyakan berkadar lemak tinggi, garam tinggi ataupun yang berkadar gula tinggi. Alhasil tubuh kitapun makin dipenuhi tumpukan kolestrol dan kalori.

Mendapatkan sayuran dan buah yang merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, kerap tak mudah juga. Padahal untuk kondisi sekarang yang sarat polusi, para ahli gizi menganjurkan kita untuk mengkonsumsi sedikitnya lima porsi buah serta sayuran, kalu ingin menangkal paparan radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Sebetulnya ada jalan praktis untuk keluar dari masalah tersebut. Salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen serat larut air yang mudah dicerna oleh tubuh. Memang di pasaran banyak produk serat sejenis, namun pilihan bijak harus dilakukan untuk mendapatkan suplemen serat yang berkualitas.

Beberapa kelebihan suplemen serat larut air dibanding suplemen serat biasa adalah serat larut air tidak mudah menggumpal dan tidak menimbulkan penimbunan (bulk mass) di usus. Serat larut air juga merupakan prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus besar. Selain itu, serat larut air dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga membantu menjaga kadar kolestrol darah. Bagi penderita penyakit maag, serat larut air ini aman dikonsumsi karena tidak meningkatkan asam lambung. Satu hal lagi, serat larut air ini tidak mengandung zat perisa dan pewarna makanan, maka apabila ditambahkan ke dalam makanan atau minuman tidak mempengaruhi rasa, aroma dan warnanya.

Dengan suplemen serat larut air ini Anda terbantu dalam memelihara kesehatan pencernaan , yang akhirnya secara keseluruhan tubuh menjadi sehat dan bugar. Namun, jangan lupa untuk selalu menganut pola makan sehat.

Artikel Lainnya

SEIMBANG ITU SEHAT

Seorang tokoh budayawan pernah berkata di usianya yang ke-78 bahwa fungsi tirakat dan puasa adalah latihan untuk mengekang diri. Pengekangan diri merupakan salah satu cara untuk menenangkan batin. “Ketenangan batin membuat orang sehat dan panjang umur” katanya. Upaya untuk awet muda lewat ketenangan batin ini lebih manjur daripada dengan minum obat, jamu atau bahkan operasi plastik. Kesederhanaan, keseimbangan dan kepasrahan hidup juga merupakan syarat untuk mencapai...

Selengkapnya

MEMBIASAKAN ANAK MENCUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun berguna untuk mencegah kuman dan bakteri yang tertempel di tangan masuk ke tubuh baik melalui mulut ataupun hidung. Mencuci tangan juga dapat membantu mencegah penularan penyakit yang bisa terjadi akibat berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain. Secara fisik, kondisi anak-anak lebih rentan dengan penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena itulah sebagai orang tua kita harus membiasakan anak kita rajin mencuci tangannya. Awalnya...

Selengkapnya

ANAK TIDAK SUKA MAKANAN SEHAT

Buah, sayur, susu dan kacang-kacangan adalah makanan yang sangat sehat dan sebaiknya dikonsumsi oleh anak-anak agar kebutuhan gizi mereka tercukupi dan optimal, namun seringkali kita mendapati anak-anak yang susah sekali menyantap makanan-makanan ini karena alasan tidak doyan. Berikut beberapa tips penyajian agar anak menyukai makanan sehat yang Anda hidangkan: Tidak Suka Buah Kadang anak-anak susah disuruh makan buah padahal buah banyak mengandung kalium dan vitamin. campurkan buah...

Selengkapnya