SEHAT NIKMAT

MANFAAT MAKANAN PEDAS

Punya hobi menyantap makanan pedas ternyata ada gunanya. Rasa pedas tidak selalu dihasilkan dari cabai, tapi bisa juga didapatkan dari merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lain.

Makanan pedas dapat membantu menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa menyantap makanan yang pedas dapat meningkatkan metabolism tubuh. Senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik (peningkatan pengeluaran energi yang dapat membakar kalori bahkan tanpa adanya latihan).

Makanan pedas juga dapat membantu menyehatkan jantung. Hasil studi menunjukkan, budaya mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, sedangkan kapsaisin bisa melawan peradangan. Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.

Makanan pedas ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress. Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem jantung yang lebih kuat. Untuk menurunkan kadar stress, makanan pedas berfungsi meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.

Ternyata makanan pedas banyak juga manfaatnya, asalkan dikonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan.

Artikel Lainnya

SEHAT SELAMA LIBURAN

Saat pergi berlibur bersama keluarga, seringkali kita tergoda untuk mencoba berbagai masakan khas di daerah tempat kita berlibur. Saking serunya menikmati segala masakan tersebut, tanpa disadari saat liburan usai tekanan darah dan kolesterol akan naik, begitu pula dengan ukuran ikat pinggang. Nah, berikut ada beberapa trik untuk menjaga pola hidup sehat selama pergi berlibur: Minum lebih banyak air Menurut Charles Stuart Platkin, MPH, pendiri dari dietdetective.com, rasa haus ini sering...

Selengkapnya

CERITA DALAM SEPOTONG COKELAT

Cokelat. Disukai dan dihindari. Disukai karena penampilannya yang cantik dan rasanya yang lezat. Dihindari karena dianggap merangsang timbulnya jerawat bagi yang ingin mulus dan mudah menambah berat badan bagi mereka yang ingin langsing. Kalangan anak muda menggunakannya sebagai sarana ungkapan rasa cinta di hari Valentine dan di hari hari khusus lainnya. Penemuan terakhir menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat secara rutin dapat membuat tubuh lebih bugar. Sebenarnya Anda tidak perlu...

Selengkapnya

DRINK TEA AND BE HEALTHY !

Asal usul Minuman teh telah dikenal sejak lama dan disukai begitu banyak orang. Teh bahkan merupakan minuman kedua yang terbanyak dikonsumsi setelah air. Dari tempat asalnya di Cina, teh kemudian menyebar ke Eropa Barat dan Amerika. Dalam perjalanan sejarahnya yang panjang, teh dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan: mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mulut sampai menjaga keseimbangan mental. Dalam beberapa dekade terakhir ini para ilmuwan melakukan banyak penelitian...

Selengkapnya