GAYA HIDUP SEHAT

5 Kebiasaan Anak yang Memicu Batuk Pilek

Batuk pilek merupakan penyakit yang paling sering terjadi. Pada anak-anak, batuk pilek dapat terjadi sebanyak 8-10 kali dalam setahun. Batuk pilek juga merupakan penyebab terbanyak anak-anak mengunjungi dokter dan tidak masuk sekolah.

Batuk pilek disebabkan oleh virus yang menular melalui udara maupun benda yang kita sentuh. Anak-anak rentan terkena batuk pilek karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna sehingga belum mampu melawan virus yang masuk. Selain itu, ada beberapa kebiasaan anak-anak yang dapat meningkatkan resiko mereka terkena batuk pilek, antara lain:

  • Malas mencuci tangan
    Benda-benda di sekitar kita dapat menjadi sarana penularan penyakit. Pada saat menyentuh suatu benda, debu, kotoran, virus, dan bakteri yang menempel pada permukaan benda tersebut dapat berpindah ke permukaan tangan. Oleh karena itu, biasakan anak Anda untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama saat sebelum makan dan setelah melakukan aktifitas.
  • Kebiasaan menghisap jempol
    Kebiasaan menghisap jempol atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut dapat menjadi sarana masuknya kuman ke dalam tubuh, terutama bila anak tidak terbiasa mencuci tangan.
  • Berbagi penggunaan alat makan
    Kebiasaan berbagi penggunaan alat makan seperti minum dari gelas orang lain, makan dari sendok atau suapan tangan orang lain, dapat menjadi sarana penularan penyakit.
  • Gemar bermain air
  • Susah makan dan minum
    Susah makan menyebabkan tidak tercukupinya nutrisi untuk membangun daya tahan tubuh yang kuat, sehingga anak akan lebih mudah terkena batuk pilek.

Batuk pilek pada anak biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 3-7 hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan, berikan makanan bernutrisi dan sirup Anakonidin sebanyak 3x sehari. Selain itu pastikan anak Anda cukup istirahat.
Bila batuk pilek tak kunjung reda, periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel Lainnya

Sekilas Tentang Alergi Obat

Pernahkan Anda mengalami kejadian bengkak atau gatal-gatal pada tubuh setelah meminum obat tertentu? Jika ya, kemungkinan besar Anda mengalami alergi terhadap obat tersebut. Alergi obat adalah sebuah reaksi yang tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu obat yang digunakan. Reaksi ini terjadi karena tubuh menganggap zat yang terkandung dalam obat tersebut sebagai substansi yang membahayakan tubuh sehingga tubuh menghasilkan antibodi yang kemudian menyerang substansi...

Selengkapnya

Bagaimana Cara Membedakan Rhinitis Alergi dengan Pilek Akibat Infeksi

Apa itu rhinitis alergi? Rhinitis alergi adalah pilek yang disebabkan oleh alergi. Terjadi ketika seseorang terpapar alergen (zat pemicu terjadinya alergi). Pada individu yang sehat, paparan alergen akan tidak akan menimbulkan apa-apa, namun pada individu yang memiliki bakat alergi, alergen tersebut akan memicu produksi histamin yang akan menimbulkan reaksi alergi pada tubuh dan dapat memunculkan gejala rhinitis alergi, seperti hidung berair, hidung tersumbat, dan rasa gatal pada...

Selengkapnya

Tahukah Anda, Olahraga dapat Mengatasi Stress

Tempat rekreasi atau melakukan hobi Anda? Atau mungkin Anda memilih menyendiri untuk menenangkan diri? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir kesedihan dan memperbaiki suasana hati. Namun tahukah Anda bahwa suasana hati ternyata dapat diperbaiki dengan cara berolahraga? Ya, olahraga selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Di dalam tubuh kita terdapat sebuah hormon yang bernama endorfin. Hormon endorfin dihasilkan oleh...

Selengkapnya