GAYA HIDUP SEHAT

Tahukah Anda, Olahraga dapat Mengatasi Stress

Tempat rekreasi atau melakukan hobi Anda? Atau mungkin Anda memilih menyendiri untuk menenangkan diri?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir kesedihan dan memperbaiki suasana hati. Namun tahukah Anda bahwa suasana hati ternyata dapat diperbaiki dengan cara berolahraga? Ya, olahraga selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

Di dalam tubuh kita terdapat sebuah hormon yang bernama endorfin. Hormon endorfin dihasilkan oleh kelenjar pituitari. Peran dari hormon ini adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan menimbulkan perasaan senang dan nyaman. Peningkatan hormon endorfin dapat mengurangi stress dan rasa sakit, serta meningkatkan respon kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan olahraga dapat memicu pengeluaran hormon endorfin. Jadi tak hanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani, dengan terpicunya pengeluaran hormon endorfin, olahraga dapat bermanfaat mengatasi stress dan perasaan gelisah.

Secara umum, kita dianjurkan untuk berolahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit setiap kali latihan.

Jadi, pada saat Anda sedang merasa sedih atau tertekan, jangan biarkan diri Anda larut dalam kesedihan terlalu lama. Lakukan aktifitas fisik dan berolahragalah secara teratur. Dengan begitu Anda akan memiliki badan yang sehat, dan suasana hati Anda akan menjadi lebih baik.

Artikel Lainnya

Sekilas Tentang Menarche atau Menstruasi Pertama

Menarche atau menstruasi pertama adalah tanda seorang anak perempuan mulai memasuki masa puber / masa remaja. Biasanya menarche terjadi pada usia 11-14 tahun, diiringi dengan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder seperti mulai membesarnya payudara, tumbuh rambut di ketiak dan area kemaluan. Terkadang menarche dapat muncul lebih awal (usia 9 tahun), namun dapat juga terjadi lebih lambat (15 tahun). Hal ini bervariasi pada tiap-tiap individu. Semua anak perempuan pasti menunggu-nunggu...

Selengkapnya

Tetap Sehat di Musim Hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, dimana hujan turun terus menerus dari pagi hingga malam, membuat tubuh kita dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami gangguan kesehatan. Bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan? Mari kita simak 10 tips di bawah ini: Makan makanan bergizi Pada saat musim hujan, tubuh kita membutuhkan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain...

Selengkapnya

Apa Bedanya Trigliserida dengan Kolesterol

“Trigliserida itu apa sih? Bedanya dengan kolesterol apa?” Mungkin pertanyaan itu pernah Anda tanyakan. Bagi Anda yang rutin check up di laboratorium tentunya sudah tidak asing dengan trigliserida. Lalu apakah trigliserida itu? Apakah sama dengan kolesterol? Berikut penjelasannya. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Trigliserida merupakan hasil konversi kalori yang tidak terpakai oleh tubuh, yang disimpan untuk cadangan energi bagi...

Selengkapnya