GAYA HIDUP SEHAT

Sekilas Tentang Menarche atau Menstruasi Pertama

Menarche atau menstruasi pertama adalah tanda seorang anak perempuan mulai memasuki masa puber / masa remaja. Biasanya menarche terjadi pada usia 11-14 tahun, diiringi dengan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder seperti mulai membesarnya payudara, tumbuh rambut di ketiak dan area kemaluan. Terkadang menarche dapat muncul lebih awal (usia 9 tahun), namun dapat juga terjadi lebih lambat (15 tahun). Hal ini bervariasi pada tiap-tiap individu.

Semua anak perempuan pasti menunggu-nunggu datangnya menstruasi pertamanya. Namun terkadang pada beberapa anak, momen menarche yang sudah ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Stress

Jadwal kegiatan sekolah dan kursus yang terlalu padat, perselisihan dengan teman sebaya, serta masalah keluarga dapat menyebabkan stress dan dapat mempengaruhi hormon sehingga menarche datang terlambat.

  • Genetik (keturunan)
  • Kelebihan / kekurangan berat badan

Berat badan yang tidak ideal (terlalu gemuk, atau terlalu kurus) dapat berpengaruh pada hormon, sehingga menyebabkan menarche datang terlambat.

Perhatikan pola makan anak Anda, pastikan anak Anda memakan makanan yang bergizi seimbang, hindari kebiasaan pilih-pilih makanan. Biasakan anak Anda untuk rutin berolahraga dan melakukan pola hidup sehat setiap hari.

  • Melakukan olahraga terlalu berat

Pada atlet olahraga dan penari balet, menarche dapat terlambat dikarenakan olahraga yang terlalu berat berpengaruh pada sistem pengaturan hormon.

  • Menderita diabetes tipe 1

Banyak studi menunjukkan terjadi keterlambatan menarche pada penderita diabetes yang terjadi pada umur dibawah 10 tahun atau mendekati usia pubertas (11-15 tahun).

Menjelang menarche, mungkin anak perempuan Anda dapat mengalami premenstrual syndrome, dimana dia menjadi lebih emosional, merasa kembung, dan merasakan nyeri pada perut bagian bawah. Jika hal ini terjadi, berikan Feminax untuk meredakan nyerinya.

Pada periode pertama, biasanya menstruasi terjadi tidak teratur, dapat berlangsung lebih lama dan lebih banyak. Menstruasi akan mulai teratur setelah memasuki tahun kedua.

Apabila hingga usia 16 tahun anak perempuan Anda belum mengalami menarche, konsultasikan kepada dokter untuk mencari tahu penyebab serta memberikan penanganan yang diperlukan.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Tetap Sehat di Musim Hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, dimana hujan turun terus menerus dari pagi hingga malam, membuat tubuh kita dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami gangguan kesehatan. Bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan? Mari kita simak 10 tips di bawah ini: Makan makanan bergizi Pada saat musim hujan, tubuh kita membutuhkan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain...

Selengkapnya

Apa Bedanya Trigliserida dengan Kolesterol

“Trigliserida itu apa sih? Bedanya dengan kolesterol apa?” Mungkin pertanyaan itu pernah Anda tanyakan. Bagi Anda yang rutin check up di laboratorium tentunya sudah tidak asing dengan trigliserida. Lalu apakah trigliserida itu? Apakah sama dengan kolesterol? Berikut penjelasannya. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Trigliserida merupakan hasil konversi kalori yang tidak terpakai oleh tubuh, yang disimpan untuk cadangan energi bagi...

Selengkapnya

Cara Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan. Disebut batuk berdahak apabila terjadi batuk disertai keluarnya dahak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya batuk berdahak, antara lain infeksi virus, bakteri, paparan polusi, asma, bronkhitis, TBC, atau pneumonia. Dahak dihasilkan oleh saluran pernapasan untuk mengikat partikel atau kuman yang masuk ke saluran pernapasan, lalu dibuang keluar melalui mekanisme batuk. Akan tetapi terkadang dahak dapat...

Selengkapnya