GAYA HIDUP SEHAT

Cara Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan. Disebut batuk berdahak apabila terjadi batuk disertai keluarnya dahak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya batuk berdahak, antara lain infeksi virus, bakteri, paparan polusi, asma, bronkhitis, TBC, atau pneumonia.

Dahak dihasilkan oleh saluran pernapasan untuk mengikat partikel atau kuman yang masuk ke saluran pernapasan, lalu dibuang keluar melalui mekanisme batuk. Akan tetapi terkadang dahak dapat menjadi terlalu kental dan sulit untuk dikeluarkan. Akibatnya, penderitanya akan mengalami batuk terus menerus yang sangat mengganggu.
Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu proses pengeluaran dahak. Antara lain:

  • Air hangat

Minum banyak air putih yang hangat dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

  • Jeruk nipis

Minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dapat memecah dahak sehingga dahak menjadi lebih mudah dikeluarkan.

  • Madu

Madu adalah salah satu obat batuk berdahak alami yang cukup efekif. Madu mampu mengencerkan dahak dan berperan sebagai antiradang serta antioksidan yang dapat mengurangi iritasi pada saluran pernapasan.

  • Berkumur dengan air garam hangat

Campur setengah sendok the garam ke dalam secangkir air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

  • Kencur

Manfaat kencur dalam mengatasi batuk berdahak sudah terkenal sejak zaman dahulu. Parut kencur, lalu peras dan minum sarinya.

  • Uap hangat

Menghirup uap hangat dapat membantu melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak.
Jika dengan menggunakan bahan alami tidak mampu meredakan batuk berdahak, Anda dapat beralih menggunakan obat batuk berdahak seperti Siladex Mucolytic Expectorant atau Konidin OBH.
Segera kunjungi dokter jika terjadi perubahan warna dahak menjadi kuning, hijau, atau terdapat bercak darah pada dahak Anda, karena perubahan warna tersebut menandakan adanya infeksi bakteri yang memerlukan terapi khusus dari dokter.


Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Mengenal Fungsi Organ Hati

Hati atau liver (hepar) merupakan organ tubuh yang penting. Ukurannya besar, rata-rata berat hati orang dewasa adalah 1,4 kilogram. Hati terletak di dalam rongga perut sebelah kanan atas. Normalnya, Anda tidak bisa meraba keberadaan organ ini dari luar tubuh karena terlindungi oleh tulang rusuk. Fungsi Hati Hati memiliki peran yang dapat dibagi menjadi 3 fungsi dasar: Fungsi vaskuler untuk menyimpan dan menyaring darah Hati adalah organ yang besar yang volumenya ...

Selengkapnya

Diabetes Mellitus pada Anak

Penyakit kencing manis atau diabetes mellitus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan terganggunya metabolisme karbohidrat. Penyakit ini umumnya diderita oleh orang dewasa, namun tidak jarang penyakit diabetes mellitus juga dialami oleh anak-anak, terutama pada anak yang orangtuanya mengidap diabetes mellitus. Ada 2 tipe diabetes mellitus: Diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup. Diabetes tipe 2 disebabkan karena terjadi...

Selengkapnya

Mengenal Cacar Air pada Orang Dewasa

"Wah, ternyata sudah usia dewasa begini masih bisa kena cacar air ya?" Beberapa orang sempat bertanya seperti itu ketika mengetahui rekan kerjanya ada yang tidak masuk kerja dikarenakan sedang sakit cacar air. Cacar air bukanlah penyakit yang hanya terjadi pada anak kecil saja. Orang dewasa yang selama hidupnya belum pernah terkena cacar air juga bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini. Bahkan orang yang sudah pernah terkena cacar air pun dapat...

Selengkapnya