GAYA HIDUP SEHAT

Tetap Sehat di Musim Hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, dimana hujan turun terus menerus dari pagi hingga malam, membuat tubuh kita dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami gangguan kesehatan.

Bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan? Mari kita simak 10 tips di bawah ini:

  1. Makan makanan bergizi
    Pada saat musim hujan, tubuh kita membutuhkan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, berbagai asupan nutrisi juga dibutuhkan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.
  1. Olahraga
    Olahraga merupakan cara sederhana untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari. Olahraga tidak harus dilakukan di luar ruangan, tetapi dapat di dalam ruangan, sehingga walaupun turun hujan kita tetap bisa berolahraga.
  1. Istirahat yang cukup
    Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, karena pada saat tidur tubuh kita beristirahat dari segala aktivitas yang telah kita lakukan seharian. Tidurlah selama 7-8 jam sehari.
  1. Selalu mencuci tangan dengan sabun
    Musim hujan membuat badan kita rawan terkena berbagai macam penyakit, oleh karena itu biasakan mencuci tangan dengan sabun, karena tangan seringkali menjadi tempat berkumpulnya virus dan kuman.
  1. Banyak minum air putih
    Jangan menunggu haus untuk minum air. Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan minum air putih 8 gelas sehari.
  1. Jaga kebersihan lingkungan
    Selalu bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah kuman penyakit bersarang.
  1. Kenakan pakaian hangat
    Kenakan pakaian hangat untuk mencegah tubuh kita kedinginan.
  1. Gunakan krim penolak gigitan nyamuk
    Banyaknya genangan air yang timbul di kala musim hujan meningkatkan jumlah nyamuk. Gunakan krim penolak gigitan nyamuk untuk menjaga tubuh kita terhindar dari penyakit demam berdarah dan penyakit lain yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.
  1. Konsumsi multivitamin
    Multivitamin lengkap seperti Renovit dan vitamin C seperti Protecal akan menjaga daya tahan tubuh kita tetap kuat selama musim hujan.
  1. Tutup mulut dan hidung Anda ketika bersin
    Menutup mulut dan hidung dengan tisu atau sapu tangan dapat mengurangi penyebaran virus atau bakteri. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Apa Bedanya Trigliserida dengan Kolesterol

“Trigliserida itu apa sih? Bedanya dengan kolesterol apa?” Mungkin pertanyaan itu pernah Anda tanyakan. Bagi Anda yang rutin check up di laboratorium tentunya sudah tidak asing dengan trigliserida. Lalu apakah trigliserida itu? Apakah sama dengan kolesterol? Berikut penjelasannya. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Trigliserida merupakan hasil konversi kalori yang tidak terpakai oleh tubuh, yang disimpan untuk cadangan energi bagi...

Selengkapnya

Cara Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk adalah mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan. Disebut batuk berdahak apabila terjadi batuk disertai keluarnya dahak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya batuk berdahak, antara lain infeksi virus, bakteri, paparan polusi, asma, bronkhitis, TBC, atau pneumonia. Dahak dihasilkan oleh saluran pernapasan untuk mengikat partikel atau kuman yang masuk ke saluran pernapasan, lalu dibuang keluar melalui mekanisme batuk. Akan tetapi terkadang dahak dapat...

Selengkapnya

Mengenal Fungsi Organ Hati

Hati atau liver (hepar) merupakan organ tubuh yang penting. Ukurannya besar, rata-rata berat hati orang dewasa adalah 1,4 kilogram. Hati terletak di dalam rongga perut sebelah kanan atas. Normalnya, Anda tidak bisa meraba keberadaan organ ini dari luar tubuh karena terlindungi oleh tulang rusuk. Fungsi Hati Hati memiliki peran yang dapat dibagi menjadi 3 fungsi dasar: Fungsi vaskuler untuk menyimpan dan menyaring darah Hati adalah organ yang besar yang volumenya ...

Selengkapnya