GAYA HIDUP SEHAT

Bagaimana Cara Membedakan Rhinitis Alergi dengan Pilek Akibat Infeksi

Apa itu rhinitis alergi?
Rhinitis alergi adalah pilek yang disebabkan oleh alergi. Terjadi ketika seseorang terpapar alergen (zat pemicu terjadinya alergi). Pada individu yang sehat, paparan alergen akan tidak akan menimbulkan apa-apa, namun pada individu yang memiliki bakat alergi, alergen tersebut akan memicu produksi histamin yang akan menimbulkan reaksi alergi pada tubuh dan dapat memunculkan gejala rhinitis alergi, seperti hidung berair, hidung tersumbat, dan rasa gatal pada hidung.

Bagaimana cara membedakan rhinitis alergi dengan pilek akibat infeksi virus atau bakteri?
Meskipun gejala yang ditimbulkan sama-sama pilek, namun ada perbedaannya diantara rhinitis alergi & pilek akibat infeksi.

Gejala rhinitis alergi:

  • Hidung gatal & berair
  • Bersin
  • Hidung tersumbat
  • Dapat disertai batuk
  • Lendir jernih / putih
  • Dapat juga disertai ruam & gatal pada kulit

Sedangkan gejala pilek akibat infeksi virus / bakteri antara lain:

  • Hidung gatal & berair
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Lendir dapat berwarna putih, kuning, atau hijau

Pada rhinitis alergi, tidak terjadi demam, sakit kepala, & nyeri otot. Gejala rhinitis alergi langsung muncul pada saat penderitanya terpapar alergen. Sedangkan pilek akibat infeksi baru muncul beberapa hari setelah terkena infeksi virus / bakteri.

Bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasi rhinitis alergi, yang penting untuk dilakukan adalah menjauhi penyebabnya (misal: debu, asap rokok, udara dingin, bulu hewan, serbuk tumbuhan, dll). Dan untuk mengatasi gejala yang timbul, Anda dapat mengkonsumsi obat flu yang mengandung dekongestan & antihistamin. Contoh: INZA.

Perlu diingat, yang paling penting adalah menghindari penyebab alergi tersebut, karena jika terus terpapar, rhinitis alergi akan muncul terus-menerus. Jadi penting bagi penderitanya untuk mencari alergen / penyebabnya. Jangan membiarkan rhinitis alergi terjadi terus-menerus, karena dapat menimbulkan komplikasi terjadinya sinusitis.

Artikel Lainnya

Tahukah Anda, Olahraga dapat Mengatasi Stress

Tempat rekreasi atau melakukan hobi Anda? Atau mungkin Anda memilih menyendiri untuk menenangkan diri? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir kesedihan dan memperbaiki suasana hati. Namun tahukah Anda bahwa suasana hati ternyata dapat diperbaiki dengan cara berolahraga? Ya, olahraga selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Di dalam tubuh kita terdapat sebuah hormon yang bernama endorfin. Hormon endorfin dihasilkan oleh...

Selengkapnya

Sekilas Tentang Menarche atau Menstruasi Pertama

Menarche atau menstruasi pertama adalah tanda seorang anak perempuan mulai memasuki masa puber / masa remaja. Biasanya menarche terjadi pada usia 11-14 tahun, diiringi dengan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder seperti mulai membesarnya payudara, tumbuh rambut di ketiak dan area kemaluan. Terkadang menarche dapat muncul lebih awal (usia 9 tahun), namun dapat juga terjadi lebih lambat (15 tahun). Hal ini bervariasi pada tiap-tiap individu. Semua anak perempuan pasti menunggu-nunggu...

Selengkapnya

Tetap Sehat di Musim Hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, dimana hujan turun terus menerus dari pagi hingga malam, membuat tubuh kita dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Akibatnya, tubuh menjadi rentan mengalami gangguan kesehatan. Bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan? Mari kita simak 10 tips di bawah ini: Makan makanan bergizi Pada saat musim hujan, tubuh kita membutuhkan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain...

Selengkapnya