GAYA HIDUP SEHAT

Apakah Anda sering bersin?

Apakah Anda sering mengalami hidung berair atau bersin-bersin di pagi hari, atau pada saat cuaca sedang dingin? Atau gejala tersebut sering muncul ketika Anda sedang berada pada tempat-tempat tertentu, misal pada ruangan yang banyak debunya, atau ketika Anda sedang berada di taman bunga. Jika ya, berarti Anda mengalami rhinitis alergi.

Rhinitis alergi adalah peradangan pada rongga hidung yang terjadi akibat reaksi alergi. Gejala rhinitis alergi timbul setelah seseorang terpapar oleh alergen (pemicu alergi). Beberapa jenis alergen yang umum adalah serbuk sari tumbuhan, debu, dan bulu hewan.

Penyebab utama dari rhinitis alergi adalah akibat reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Sistem kekebalan tubuh menganggap alergen sebagai substansi yang berbahaya kemudian melepaskan senyawa histamin ke dalam darah, dan kemudian menimbulkan gejala.

Gejala rhinitis alergi antara lain:

  • hidung berair
  • hidung tersumbat
  • bersin-bersin
  • batuk
  • mata gatal atau berair

Gejala yang timbul bisa bervariasi pada tiap-tiap individu. Umumnya gejalanya ringan dan mudah ditangani.

Ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan resiko terjadinya rhinitis alergi. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • faktor genetik / keturunan
  • memiliki alergi jenis lain, misalnya eksim atau asma
  • Paparan dari lingkungan, misalnya udara dingin.

Meskipun gejalanya tergolong ringan, rhinitis alergi dapat menimbulkan komplikasi sinusitis jika dibiarkan terlalu lama.

Penyakit-penyakit akibat alergi (termasuk rhinitis alergi) tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikendalikan. Untuk mengatasi rhinitis alergi, yang utama adalah menghindari alergen/pemicunya. Contohnya jika mengalami alergi terhadap debu, bersihkanlah rumah secara teratur sehingga tidak ada debu yang menumpuk; atau jika alergi pada bulu hewan, jangan memelihara binatang peliharaan di rumah. Obat antialergi dapat dikonsumsi untuk mengatasi gejala alergi yang ditimbulkan, namun bila alergennya tidak dihindari, gejala-gejala tersebut akan kembali berulang di kemudian hari.

Artikel Lainnya

Orang Tua Anda diabetes? Luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini

Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes melitus tidak selalu berarti Anda pasti akan terkena diabetes juga. Jika orangtua Anda menderita diabetes, Anda harus selalu menjaga pola hidup sehat. Yang paling penting adalah mengatur pola makan dan menjaga berat badan ideal. Kegemukan merupakan faktor resiko penyakit diabetes, dengan memiliki berat badan yang ideal, akan memperkecil kemungkinan Anda terkena diabetes. Selain itu, berat badan ideal akan membuat penampilan Anda tampak...

Selengkapnya

Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan

Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Ada batuk yang dapat sembuh dalam waktu singkat, namun ada juga batuk yang berlangsung terus-menerus dan tak kunjung sembuh dengan obat batuk biasa. Ada beberapa penyebab terjadinya batuk terus-menerus: Alergi Orang yang alergi dengan zat tertentu akan mengalami batuk setiap kali terpapar oleh pencetus tersebut. Asma Sama dengan alergi, penderita asma biasanya mengalami batuk disertai sesak napas setelah...

Selengkapnya

Mengenal Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang dapat merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi. Akibatnya, gigi dapat goyang atau tanggal. Gusi yang sehat teksturnya kuat, berwarna pink pucat, dan mengelilingi gigi secara rapat. Namun pada periodontitis, gusi berwarna merah dan tidak menempel rapat pada gigi. Tanda dan gejala periodontitis antara lain: gusi bengkak, berwarna merah terang, merah kehitaman, atau keunguan, dan mudah berdarah gusi...

Selengkapnya