GAYA HIDUP SEHAT

Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Jangan Disepelekan

Batuk merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Ada batuk yang dapat sembuh dalam waktu singkat, namun ada juga batuk yang berlangsung terus-menerus dan tak kunjung sembuh dengan obat batuk biasa.

Ada beberapa penyebab terjadinya batuk terus-menerus:

  • Alergi

Orang yang alergi dengan zat tertentu akan mengalami batuk setiap kali terpapar oleh pencetus tersebut.

  • Asma

Sama dengan alergi, penderita asma biasanya mengalami batuk disertai sesak napas setelah terpapar pencetus.

  • TBC

Penyakit tuberculosis (TBC) menimbulkan gejala batuk lama, kadang disertai dengan darah; dan terjadi penurunan berat badan, serta berkeringat pada malam hari.

  • Pneumonia

Infeksi paru-paru (pneumonia) dapat menimbulkan gejala batuk terus-menerus disertai demam dan nyeri dada.

  • PPOK (Penyakit paru obstruktif kronik)

Paparan asap rokok dapat menimbulkan penyempitan jalan napas, dan menyebabkan gejala batuk dan sesak napas.

  • GERD

Asam lambung yang naik ke kerongkongan (GERD) dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan batuk.

  • Efek samping obat penurun tekanan darah

Pada sebagian orang yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah dari golongan ACE Inhibitor dapat terjadi efek samping obat berupa batuk.

  • Bronkitis kronis
  • Kanker paru-paru

Batuk terus-menerus juga dapat terjadi pada penderita kanker paru, biasanya disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan, dan batuk darah.

Jika Anda mengalami batuk terus-menerus yang tidak kunjung sembuh dengan obat batuk dalam beberapa minggu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Mengenal Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang dapat merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi. Akibatnya, gigi dapat goyang atau tanggal. Gusi yang sehat teksturnya kuat, berwarna pink pucat, dan mengelilingi gigi secara rapat. Namun pada periodontitis, gusi berwarna merah dan tidak menempel rapat pada gigi. Tanda dan gejala periodontitis antara lain: gusi bengkak, berwarna merah terang, merah kehitaman, atau keunguan, dan mudah berdarah gusi...

Selengkapnya

Mengenal Penyakit Difteri

Difteri adalah suatu penyakit infeksi akut yang terjadi secara lokal pada lapisan mukosa atau kulit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium dyphtheriae. Penyakit ini biasanya terjadi pada saluran napas bagian atas (hidung dan tenggorokan) ditandai dengan terbentuknya selaput pada tempat infeksi, dan diikuti oleh gejala-gejala umum yang ditimbulkan oleh racun yang diproduksi bakteri ini. Corynebacterium dyphteriae juga dapat menimbulkan superinfeksi pada kulit, keadaan ini banyak...

Selengkapnya

Bahaya Mengorek Telinga

Bahaya Mengorek Telinga Menjaga kebersihan badan sangatlah penting bagi kesehatan. Salah satu yang seringkali dilakukan, orang-orang membiasakan diri membersihkan liang telinga. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan mengorek telinga (membersihkan liang telinga) dengan cotton bud atau korek kuping sebenarnya adalah tindakan yang berbahaya? Mengorek telinga dapat berresiko menyebabkan terjadinya lubang pada gendang telinga, radang saluran telinga, infeksi telinga, bahkan ketulian. Liang...

Selengkapnya