GAYA HIDUP SEHAT

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, masker adalah sesuatu yang wajib kita kenakan pada saat beraktivitas di luar rumah. Dengan menggunakan masker, akan mengurangi potensi penyebaran droplet, sehingga diri kita dapat lebih terlindungi dari paparan kuman penyakit.

Berbagai macam masker sudah banyak beredar di pasaran, mulai dari masker medis maupun masker non-medis (masker kain). Supaya dapat berfungsi dengan baik, kebersihan masker harus selalu kita jaga. Karena masker yang kotor justru malah akan menjadi sarang kuman dan dapat membahayakan kesehatan kita. Jika masker yang kita gunakan adalah masker medis, langsung buang setelah selesai digunakan. Namun jika kita menggunakan masker kain, kita harus mencucinya dengan cara yang benar agar layak untuk digunakan ulang.

Berikut adalah langkah-langkah cara mencuci masker kain sesuai rekomendasi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia:

  1. Siapkan air panas dengan suhu kira-kira 60-65 °C. Air panas ini berfungsi untuk membunuh kuman yang menempel pada masker kain.
  2. Tambahkan deterjen pada air panas tersebut, kemudian rendam masker kain selama kira-kira 5 menit.
  3. Kucek masker hingga kotorannya hilang, namun jangan mengucek terlalu keras supaya kain masker tidak rusak.
  4. Bilas masker dengan air mengalir sampai masker benar-benar bersih.
  5. Kemudian keringkan masker kain di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan mesin pengering panas, karena sinar matahari & suhu yang tinggi dapat membunuh sisa-sisa kuman yang mungkin masih menempel pada kain. Jangan menjemur masker kain di ruangan tertutup pada suhu ruangan.
  6. Setelah masker kering, setrika dengan suhu panas untuk lebih mematikan kuman yang mungkin masih ada yang menempel pada masker kain.
  7. Setelah selesai disetrika, barulah masker kain siap digunakan.

Meskipun terdengar sepele, menjaga kebersihan masker sangatlah penting, karena masker menempel langsung pada hidung & mulut kita. Jika masker yang kita kenakan kurang bersih, malah akan menjadi media kuman untuk masuk ke dalam tubuh kita. Jadi pastikan masker kain Anda sudah benar-benar bersih sebelum digunakan.

Artikel Lainnya

New Normal = Back to Normal?

Sejak pandemi COVID-19 muncul, kita semua mengalami kendala untuk menjalankan aktivitas kita seperti biasa. Ada banyak batasan-batasan yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan COVID-19, seperti: penerapan physical distancing, tidak bepergian keluar rumah (stay at home), bekerja dari rumah (work from home), penerapan PSBB, dan lain sebagainya. Pertokoan, perkantoran, tempat ibadah, tempat hiburan, dan berbagai tempat umum lainnya banyak yang ditutup. Sebagai dampak dengan adanya...

Selengkapnya

Cara Mencuci Masker Kain Agar Tetap Efektif Digunakan Berulang

Selengkapnya

Vitamin E Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika mendengar kata vitamin E, kebanyakan orang akan beranggapan bahwa itu adalah vitamin untuk memelihara kesehatan kulit dan vitamin yang paling populer dalam meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin C. Padahal sebenarnya vitamin E juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh lho. Berbagai penelitian membuktikan vitamin E meningkatkan produksi antibodi untuk melawan penyakit, memiliki efek antiinflamasi, dan vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal...

Selengkapnya