GAYA HIDUP SEHAT

Cara Minum Obat yang Benar

Pada saat Anda akan mengkonsumsi suatu obat, biasakan untuk selalu membaca panduan/brosur/etiket obatnya terlebih dahulu. Perhatikan dosis, aturan pakai, dan waktu untuk minum dengan benar, supaya obat dapat bekerja secara efektif dan memberikan hasil pengobatan yang baik. Informasi kontraindikasi, efek samping, dan peringatan perhatian juga harus diperhatikan agar obat tidak menimbulkan efek samping dan reaksi tidak diinginkan yang dapat membahayakan nyawa.

Oleh karena itu, biasakan mengkonsumsi obat dengan cara yang benar sesuai dengan apa yang tertulis pada brosur atau anjuran dokter, yaitu:

1. Tepat dosis

Minumlah obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan sekali-sekali mengubah (mengurangi / menggandakan) dosis sendiri tanpa anjuran dokter. Menggandakan dosis tidak berarti obat itu jadi lebih hebat dan cepat dalam menyembuhkan penyakit, akan tetapi justru malah dapat menimbulkan kerusakan organ dan overdosis.
Ingat “Jika sakit berlanjut, hubungi dokter”, bukan “Jika sakit berlanjut, tambah dosisnya”

2. Tepat waktu

Selalu perhatikan aturan pakai obat, misal: jika obat diminum dengan aturan pakai 3x sehari, berarti obat tersebuh dikonsumsi setiap 8 jam sekali (24 jam : 3). Perhatikan juga apakah obat dikonsumsi setelah makan, atau sebelum makan, atau pada saat makan. Jika obat harus dikonsumsi setelah makan, berikan jarak 30 menit hingga 1 jam dengan makanan. Jangan tepat pada saat setelah selesai makan langsung minum obat, karena jika demikian sama artinya dengan “obat dikonsumsi pada saat makan”. Cara penggunaan yang tidak tepat dapat mengganggu efektivitas dan penyerapan obat. Deminikan juga halnya apabila obat harus dikonsumsi sebelum makan.

3. Tepat cara penggunaan

Minumlah obat sesuai dengan cara yang direkomendasikan.

4. Perhatikan makanan/minuman/obat lain yang dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi obat.

Sebaiknya obat selalu diminum dengan segelas air putih, jangan diminum menggunakan teh, susu, atau jus buah karena dapat berresiko menyebabkan terjadinya interaksi dengan obat. Selain itu selalu tanyakan pada dokter makanan & minuman apa saja yang harus dihindari pada saat mengkonsumsi obat.

5. Selalu minum antibiotik sampai habis

Jangan berhenti minum obat antibiotik sebelum habis meskipun Anda sudah merasa lebih sehat. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya resistensi obat / kuman yang menjadi kebal terhadap obat tersebut.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Tips Berolahraga Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah, murah dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membakar banyak kalori, lari dapat menurunkan resiko terjadinya berberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Olahraga lari juga merupakan olahraga yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Belakangan ini, olahraga lari menjadi olahraga yang sangat populer. Banyak event lari marathon diadakan, dan selalu ramai peminat. Walau disebut sebagai...

Selengkapnya

Waspadai Mata Kering Pada Anak Akibat Penggunaan Ponsel

Di zaman sekarang ini, menjauhkan diri dari ponsel merupakan hal yang sulit. Sebagian besar orang  memakai ponsel untuk berbagai macam keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan hingga hiburan. Hal ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun juga demikian. Mereka lebih menyukai bermain game menggunakan ponsel/gadget daripada memainkan permainan di luar rumah. Padahal, kebiasaan menggunakan ponsel terlalu sering bisa menjadi salah satu faktor penyebab mata lelah dan...

Selengkapnya

Virus Corona yang Menghebohkan Dunia

Belakangan ini dunia sedang digemparkan oleh wabah virus corona yang menyerang kota Wuhan, Cina, dan dengan cepat menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara lain. Hingga Jumat (31/1/2020) virus corona telah membunuh 213 orang di Cina. Hal itu membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat global terkait virus corona. Apa itu virus corona? Virus corona adalah sekelompok virus umum. Mereka dinamai corona karena memiliki tonjolan-tonjolan seperti mahkota pada...

Selengkapnya