GAYA HIDUP SEHAT

Tips Berolahraga Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah, murah dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membakar banyak kalori, lari dapat menurunkan resiko terjadinya berberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Olahraga lari juga merupakan olahraga yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Belakangan ini, olahraga lari menjadi olahraga yang sangat populer. Banyak event lari marathon diadakan, dan selalu ramai peminat.

Walau disebut sebagai olahraga yang paling mudah, tetap ada beberapa hal yang perlu dicermati agar olahraga lari dapat dilakukan dengan baik dan meminimalkan resiko cedera, yaitu :

  1. Makan makanan yang mengandung karbohidrat 1 jam sebelum memulai olahraga lari. Makanan yang mengandung karbohidrat berguna sebagai sumber energi pada saat kita berlari. Jangan melakukan olahraga lari dengan perut kosong, terutama jika akan melakukan lari marathon.
  2. Minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi saat berlari.
  3. Lakukan pemanasan dengan berjalan kaki atau jalan di tempat untuk mengurangi resiko cedera.
  4. Kenakan sepatu olahraga yang cocok dengan olahraga lari.
  5. Kenakan pakaian olahraga yang nyaman.
  6. Jika Anda adalah seorang pemula atau sudah lama tidak berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki terlebih dahulu, baru kemudian sedikit demi sedikit ditingkatkan intensitasnya secara bertahap. Jangan langsung berlari terlalu jauh atau terlalu lama.
  7. Hindari melompat untuk mengurangi tekanan pada sendi lutut.
  8. Atur pernapasan dengan baik, hirup udara melalui hidung, kemudian lepaskan melalui mulut.
  9. Lakukan pendinginan setelah selesai berlari dengan melakukan peregangan. Caranya adalah dengan menekuk lutut ke belakang hingga tumit menempel pada pantat lalu ganti dengan kaki satunya. Tahan tiap gerakan atau posisi selama 15 detik.

Artikel Lainnya

Waspadai Mata Kering Pada Anak Akibat Penggunaan Ponsel

Di zaman sekarang ini, menjauhkan diri dari ponsel merupakan hal yang sulit. Sebagian besar orang  memakai ponsel untuk berbagai macam keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan hingga hiburan. Hal ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun juga demikian. Mereka lebih menyukai bermain game menggunakan ponsel/gadget daripada memainkan permainan di luar rumah. Padahal, kebiasaan menggunakan ponsel terlalu sering bisa menjadi salah satu faktor penyebab mata lelah dan...

Selengkapnya

Virus Corona yang Menghebohkan Dunia

Belakangan ini dunia sedang digemparkan oleh wabah virus corona yang menyerang kota Wuhan, Cina, dan dengan cepat menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara lain. Hingga Jumat (31/1/2020) virus corona telah membunuh 213 orang di Cina. Hal itu membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat global terkait virus corona. Apa itu virus corona? Virus corona adalah sekelompok virus umum. Mereka dinamai corona karena memiliki tonjolan-tonjolan seperti mahkota pada...

Selengkapnya

Pertolongan Pertama Pada Sesak Napas

Sesak napas/kesulitan bernapas adalah suatu kondisi dimana seseorang terengah-engah, tidak dapat bernapas lega, atau merasa tidak mendapatkan cukup udara. Ada banyak penyebab timbulnya sesak napas: anemia asma penyakit paru obstruktif kronis (emfisema atau bronkhitis) penyakit jantung kanker paru infeksi pernapasan berada di tempat yang tinggi ada bekuan darah di paru-paru pneumothorax cedera pada leher, dinding dada, atau paru-paru ...

Selengkapnya