GAYA HIDUP SEHAT

Mari Terapkan Social Distancing Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Wabah Virus Corona (COVID-19) semakin meluas. Hingga tanggal 24 Maret 2020 tercatat ada 381.653 kasus di 195 negara, dan 686 orang yang positif corona di Indonesia. Untuk menanggulanginya, salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing (pembatasan sosial).

Social distancing adalah salah satu cara mencegah penyebaran virus corona dengan menganjurkan seseorang untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan bersentuhan / berjabat tangan serta menjaga jarak minimal 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit.

COVID-19 ditularkan melalui droplet (percikan yang terjadi saat batuk, bersin, atau berbicara) dan kontak dengan tempat-tempat yang terkontaminasi droplet pasien COVID-19. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menerapkan social distancing. Droplet merupakan cairan berisi partikel yang berukuran > 5μm, partikel dengan ukuran sebesar itu tidak akan bertahan lama di udara, biasanya akan jatuh pada jarak < 1m. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain supaya droplet dari orang lain tidak terpercik ke tubuh kita.

Selain menjaga jarak 1 meter, social distancing juga dilakukan dengan cara mengurangi aktivitas di luar rumah. Beberapa tempat kerja menerapkan metode work from home (bekerja dari rumah) untuk mengurangi interaksi secara langsung diantara para pekerja. Selain itu pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, seperti:

  • para pelajar dan mahasiswa belajar di rumah secara online
  • menunda pertemuan atau acara yang dihadiri banyak orang
  • tidak bepergian keluar rumah apabila tidak benar-benar perlu.

Bagi beberapa orang, terutama yang gemar bepergian atau hangout bersama teman2, social distancing mungkin merupakan suatu hal yang membosankan karena membatasi kegemaran kita. Namun demi mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, tetap lakukanlah social distancing supaya rantai penularan virus COVID-19 ini tidak menyebar semakin luas & wabah COVID-19 segera berakhir.

Artikel Lainnya

Cara Minum Obat yang Benar

Pada saat Anda akan mengkonsumsi suatu obat, biasakan untuk selalu membaca panduan/brosur/etiket obatnya terlebih dahulu. Perhatikan dosis, aturan pakai, dan waktu untuk minum dengan benar, supaya obat dapat bekerja secara efektif dan memberikan hasil pengobatan yang baik. Informasi kontraindikasi, efek samping, dan peringatan perhatian juga harus diperhatikan agar obat tidak menimbulkan efek samping dan reaksi tidak diinginkan yang dapat membahayakan nyawa. Oleh karena itu, biasakan...

Selengkapnya

Tips Berolahraga Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah, murah dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membakar banyak kalori, lari dapat menurunkan resiko terjadinya berberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Olahraga lari juga merupakan olahraga yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Belakangan ini, olahraga lari menjadi olahraga yang sangat populer. Banyak event lari marathon diadakan, dan selalu ramai peminat. Walau disebut sebagai...

Selengkapnya

Waspadai Mata Kering Pada Anak Akibat Penggunaan Ponsel

Di zaman sekarang ini, menjauhkan diri dari ponsel merupakan hal yang sulit. Sebagian besar orang  memakai ponsel untuk berbagai macam keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan hingga hiburan. Hal ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun juga demikian. Mereka lebih menyukai bermain game menggunakan ponsel/gadget daripada memainkan permainan di luar rumah. Padahal, kebiasaan menggunakan ponsel terlalu sering bisa menjadi salah satu faktor penyebab mata lelah dan...

Selengkapnya