SOLUSI KESEHATAN SEHARI-HARI

Flek pada Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan bersih adalah idaman setiap orang. Alasan inilah yang membuat banyak orang (khususnya kaum wanita) rela mengeluarkan biaya mahal untuk merawat kulit supaya selalu terlihat cerah dan cantik.

Salah satu permasalahan yang kerap membuat orang datang ke pusat perawatan kulit adalah karena flek pada kulit. Flek pada kulit (melasma) adalah penumpukan pigmen pemberi warna kulit (melanin) yang umumnya simetris berupa bercak yang tidak merata berwarna coklat muda sampai coklat tua, mengenai area yang terpajan sinar ultraviolet (biasanya pada pipi, dahi, daerah atas bibir, hidung, dan dagu).

Melasma dapat mengenai semua ras terutama penduduk yang tinggal di daerah tropis. Melasma terutama dijumpai pada wanita, meskipun didapat pula pada pria (10%). Di Indonesia, perbandingan kasus wanita dan pria adalah 24:1. Terutama tampak pada wanita usia subur dengan riwayat langsung terkena pajanan sinar matahari. Insidens terbanyak pada usia 30-44 tahun.

Penyebab melasma sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Faktor penyebab yang dianggap berperan pada timbulnya melasma adalah:

  1. sinar ultraviolet
  2. hormon
  3. obat
  4. genetik
  5. ras
  6. kosmetika
  7. stress
  8. faktor yang tidak diketahui

Melasma tidaklah berbahaya. Pasien dengan melasma biasanya berobat karena alasan kosmetik. Tentunya semua orang ingin memiliki kulit yang cerah tanpa noda. Sehingga walaupun tidak berbahaya, melasma dapat menjadi masalah yang serius dalam hal kosmetika & dapat mengurangi kepercayaan diri.

Terapi terpenting melasma adalah menghindari faktor yang berperan, terutama paparan sinar matahari. Pemakaian sunblock minimal SPF30 terbukti efektif. Penelitian membuktikan penggunaan vitamin E dan vitamin C secara topikal dapat mencegah pembentukan melasma.

Produk: Ever E

Artikel Lainnya

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menjaga kebersihan bau mulut merupakan salah satu cara untuk menjaga penampilan kita tetap baik. Tentunya kita tak ingin orang lain menjauhi kita atau merasa tidak nyaman karena bau mulut kita yang tidak sedap. Penyebab utama bau mulut adalah sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan itu kemudian akan menjadi tempat bersarangnya kuman. Efek jangka panjangnya, akan terbentuk karang gigi dan lubang pada gigi. Oleh karena itu, kita harus selalu menggosok gigi...

Selengkapnya

Hand Sanitizer

Kuman ada di mana-mana, dan bisa menyebar kapan saja. Cara penyebarannya-pun bisa bermacam-macam, salah satu caranya adalah melalui kontak tangan. Setiap hari, tanpa kita sadari kita menyentuh berbagai tempat bersarangnya kuman. Misalnya pegangan tangga, pegangan bis kota, pegangan pintu, tombol lift, keyboard komputer, telepon umum, maupun tangan orang lain. Apabila setelah itu kita menyentuh hidung atau...

Selengkapnya

Diabetes dan Penyakit Kulit

  Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang sederhana. Apabila gula darah kita tidak terkontrol, akan berdampak pada munculnya berbagai penyakit lain yang menyertainya. Salah satunya adalah penyakit kulit seperti berikut: Scleredema diabeticorum Menebalnya kulit belakang leher dan punggung atas. Vitiligo rusaknya pigmen kulit yang menyebabkan munculnya bercak pada kulit. ...

Selengkapnya