KELUARGA SEHAT

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh penurunan densitas massa tulang dan perburukan mikroarsitektur tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.
Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, usia harapan hidup masyarakat meningkat, maka berbagai penyakit degeneratif dan metabolik, termasuk osteoporosis akan menjadi problem yang memerlukan perhatian khusus, terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.
Oleh karena itu, mari kita cegah osteoporosis sejak dini dengan cara sebagai berikut:

  1. Lakukan aktivitas fisik yang teratur. Kombinasikan olahraga peregangan dan olahraga beban.
    Olahraga baik untuk mejaga kepadatan tulang dan memperkuat otot. Otot tubuh yang kuat akan membantu tulang menyangga tubuh sehingga tulang kita tidak terlalu terbebani.
  2. Jaga asupan kalsium 1000-1500 mg/hari, baik melalui makanan sehari-hari maupun suplementasi (contoh: Protecal Solid, Protecal Osteo).
  3. Hindari merokok dan minum alkohol.
  4. Hindari kekurangan vitamin D. Vitamin D berperan dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Berjemurlah setiap hari pada jam 06.00-09.00 supaya tubuh kita menghasilkan vitamin D yang cukup.
  5. Hindari konsumsi terlalu banyak garam/makanan yang asin-asin.
  6. Pada pasien yang sudah pasti terkena osteoporosis, hindari mengangkat barang berat & jauhi lantai licin serta berbagai hal yang dapat menyebabkan pasien terjatuh.

Artikel Lainnya

Sekilas Tentang Urine

Urine adalah cairan sisa hasil metabolisme yang diekskresikan oleh ginjal dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Kandungan urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Air seni (urine) setiap orang tidaklah sama. Berikut adalah beberapa fakta unik mengenai urine: Warna Urine Warna urine menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Warna urine yang sehat adalah kuning muda jernih. Warna terang menunjukkan...

Selengkapnya

Waspadai Dehidrasi pada Lansia

Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit (dehidrasi) sangat sering terjadi pada usia lanjut. Dehidrasi merupakan salah satu alasan utama pasien usia lanjut dibawa ke ruang gawat darurat dan salah satu diagnosis utama penyebab kematian. Jika dehidrasi yang tidak tertangani, angka mortalitasnya mencapai lebih dari 50%. Gejala dan tanda klinis dehidrasi pada usia lanjut tidak jelas, samar-samar, bahkan bisa tidak ada sama sekali. Hal ini menyebabkan dehidrasi pada usia lanjut tidak...

Selengkapnya

Gunakan Antibiotik Secara Bijak

Resistensi antibiotik adalah kondisi suatu bakteri dalam tubuh manusia menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik. Penyebab resistensi ini dapat dikarenakan mutasi bakteri secara alami, maupun diakibatkan oleh pemakaian obat antibiotik yang tidak tepat. Setelah bakteri menjadi resisten terhadap suatu antibiotik, bakteri tersebut akan mewariskan sifat resisten itu kepada keturunannya, yang akan menjadi generasi resisten sehingga antibiotik tersebut tidak mampu membunuh spesies bakteri itu...

Selengkapnya