GAYA HIDUP SEHAT

Jika Anda Memiliki Orang Tua Lanjut Usia di Tengah Pandemi COVID-19, Baca Tips Berikut Ini

Virus Corona atau Covid-19 dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, maupun orang yang telah berusia lanjut. Akan tetapi, orang yang lanjut usia lebih beresiko terserang Covid-19 dan dapat mengalami dampak yang berbahaya, apalagi bila memiliki penyakit penyerta yang lain seperti penyakit jantung, diabetes, atau penyakit paru-paru. Karena pada orang yang lanjut usia, sistem kekebalan tubuhnya sudah mengalami penurunan, sehingga virus lebih mudah masuk dan menimbulkan kerusakan.

Kita harus menyadari hal ini, terutama apabila kita masih memiliki kakek nenek atau orang tua yang telah lanjut usia. Kesehatan mereka harus selalu kita jaga. Untuk itu, mari kita terapkan tips berikut ini untuk mencegah penyakit yang disebabkan virus corona menyerang orang tua yang kita sayangi.

  1. Jaga kesehatan diri kita terlebih dahulu

Untuk bisa melindungi lansia dari virus corona, yang pertama harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan diri kita terlebih dahulu. Jangan sampai kita lalai dan malah menularkan virus corona ke orang tua kita. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir, kurangi bepergian ke luar rumah, selalu kenakan masker, dan terapkan physical distancing. Jangan karena merasa diri kita sehat kemudian kita lalai menerapkan perilaku pencegahan Covid-19. Karena apabila kita terpapar Covid-19 dan menjadi OTG (Orang Tanpa Gejala), kita bisa menularkan virus tersebut ke orang tua kita dan bisa membahayakan mereka.

  1. Ajarkan kebiasaan sering mencuci tangan menggunakan sabun

Ajarkan perilaku hidup sehat dan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun kepada lansia. Selain itu, sering-seringlah membersihkan benda-benda yang sering disentuh oleh penghuni rumah (misal: gagang pintu).

  1. Cukupi kebutuhan nutrisi lansia

Jaga kesehatan lansia dengan memberikan makanan sehat bergizi lengkap dan seimbang. Selain itu, berikan suplemen Renovit Gold untuk mencukupi kebutuhan mikronutrisinya. Kesehatan tubuh lansia yang terjaga dengan baik, akan membuat daya tahan tubuhnya terbentuk dengan kuat sehingga tidak mudah terserang virus.

Jika lansia memiliki penyakit tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya, berikan pengertian kepada mereka untuk selalu mengonsumsi obatnya secara rutin.

  1. Stay at home

Batasi bepergian keluar rumah untuk meminimalisir resiko terkena paparan Covid-19 dari orang lain. Selain itu, batasi kunjungan orang-orang yang sering berkunjung ke rumah untuk bertemu dengan lansia. Ajarkan penggunaan gadget kepada lansia, sehingga mereka masih tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain melalui chat atau video call sehingga tidak merasa bosan di rumah.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Mari Terapkan Social Distancing Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Wabah Virus Corona (COVID-19) semakin meluas. Hingga tanggal 24 Maret 2020 tercatat ada 381.653 kasus di 195 negara, dan 686 orang yang positif corona di Indonesia. Untuk menanggulanginya, salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing (pembatasan sosial). Social distancing adalah salah satu cara mencegah penyebaran virus corona dengan menganjurkan seseorang untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ketika menerapkan...

Selengkapnya

Cara Minum Obat yang Benar

Pada saat Anda akan mengkonsumsi suatu obat, biasakan untuk selalu membaca panduan/brosur/etiket obatnya terlebih dahulu. Perhatikan dosis, aturan pakai, dan waktu untuk minum dengan benar, supaya obat dapat bekerja secara efektif dan memberikan hasil pengobatan yang baik. Informasi kontraindikasi, efek samping, dan peringatan perhatian juga harus diperhatikan agar obat tidak menimbulkan efek samping dan reaksi tidak diinginkan yang dapat membahayakan nyawa. Oleh karena itu, biasakan...

Selengkapnya

Tips Berolahraga Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah, murah dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membakar banyak kalori, lari dapat menurunkan resiko terjadinya berberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Olahraga lari juga merupakan olahraga yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama teman-teman. Belakangan ini, olahraga lari menjadi olahraga yang sangat populer. Banyak event lari marathon diadakan, dan selalu ramai peminat. Walau disebut sebagai...

Selengkapnya